oleh

Bagaimana Menggunakan Laptop yang Sehat?

Kabar6-Zaman sekarang laptop sudah merupakan suatu kebutuhan. Entah itu untuk bekerja maupun menyelesaikan tugas di kampus (kuliah).

 

Namun banyak di antara kita yang merasa cepat lelah dan kurang nyaman jika terlalu lama menggunakan laptop. Nah, bagaimana menggunakan laptop yang sehat?

 

1. Atur posisi

Carilah posisi duduk paling nyaman. Sebaiknya Anda memilih kursi yang memiliki sandaran punggung, serta dapat diatur ketinggiannya. Atur ketinggian meja laptop dan kursi sehingga posisi tangan membentuk sudut 90 derajat dengan meja, dan posisi lutut sejajar dengan pinggul.

 

2. Jangan letakkan laptop di atas pangkuan

Dengan alasan praktis, mungkin Anda sering mengetik menggunakan laptop dengan meletakkannya di pangkuan. Ternyata hal itu tidak baik untuk kesehatan kulit, karena akan secara langsung terkena paparan panas dan radiasi yang dihasilkan oleh laptop.

 

3. Gunakan mouse

Mungkin Anda terbiasa menggunakan touch pad dengan alasan lebih praktis. Padahal hal ini akan membatasi gerakan pergelangan tangan. Jika digunakan dalam jangka panjang, memungkinkan terjadinya cedera pada bagian tersebut. Karena itu disarankan untuk menggunakan mouse, terlebih jika mengoperasikan laptop dalam waktu yang cukup lama.

 

4. Hindari menggunakan laptop sambil tiduran

Kebiasaan ini akan membuat organ-oragan tubuh, terutama mata dan leher bekerja lebih keras, sehingga menjadi lebih cepat lelah.

 

5. Jangan abaikan waktu istirahat

Berilah waktu untuk tubuh beristirahat selama beberapa menit, misalnya dengan melakukan gerakan-gerakan ringan yang bertujuan untuk meregangkan otot dan memperlancar peredaran darah.

 

6. Usahakan layar laptop sejajar dengan mata

Hal ini untuk menghindari Anda membungkukkan badan atau memutar leher, sehingga dapat mengurangi kelelahan pada mata, leher, dan punggung. ** Baca juga: Gula Batu Belum Tentu Sehat Lho

 

Sayangi tubuh Anda untuk investasi kesehatan jangka panjang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru