Bagaimana Mengetahui Tubuh Kekurangan Mineral?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mineral adalah unsur kimia yang dibutuhan sebagai nutrisi esensial oleh mikroorganisme untuk melakukan fungsi yang diperlukan bagi kelangsungan hidup. Lima mineral utama dalam tubuh manusia adalah kalsium, fosfor, kalium, natrium, dan magnesium.

Tubuh kita menggunakan mineral untuk berbagai aktivitas yang berbeda, termasuk pembentukan tulang, membuat hormon dan mengatur detak jantung. Melansir Kompas, apabila Anda mudah lelah, sering pusing atau bahkan pingsan usai berolahraga di bawah terik matahari, itu adalah beberapa tanda tubuh kekurangan mineral. Diketahui, mineral memiliki beragam manfaat bagi fungsi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan jaringan, memelihara kerja jaringan saraf, membantu transport nutrisi antarsel, dan lainnya.

Mineral juga terbagi menjadi dua, yakni mineral major dan minor. Mineral major adalah yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh, seperti kalsium, kalium, fosfor, magnesium, sulfur, natrium, dan klorida. Sementara mineral minor adalah yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, seperti seng, kobalt, mangan, dan lainnya.

Tanda lainnya adalah tubuh mudah mengalami kelelahan, otot-otot lemas atau mudah kram. Kondisi tersebut adalah salah satu tanda yang paling mudah diketahui apabila Anda kekurangan mineral.

Disebutkan, kekurangan mineral juga bisa mengganggu sistem pencernaan dan penyerapan zat gizi. Untuk jangka panjang, kekurangan mineral kronis akan membuat kulit tampak kusam. Sementara untuk makro mineral, seperti natrium dan klorida, efeknya cenderung lebih serius. Mulai dari kram yang lebih parah hingga turunnya tekanan darah.

Untuk memastikan asupan mineral serta zat-zat lainnya cukup, dianjurkan agar Anda menjalankan ‘Tumpeng Gizi Seimbang’, misalnya makanan pokok 3-4 porsi, sayur 3-4 porsi, buah 2-3 porsi, lauk pauk dengan sumber protein lengkap, hingga membatasi asupan gula, garam dan minyak. ** Baca juga: Pare, Makanan Pahit yang Bikin Langsing?

Konsumsi air putih juga cukup agar asupan mineral tetap terjaga.(ilj/bbs)