oleh

Bagaimana Mengetahui Anda Sedang Mengalami Stres?

Kabar6-Stres dapat mempengaruhi berbagai hal dalam diri Anda, mulai dari pikiran, perasaan, perilaku, dan bahkan kesehatan. Stres berkepanjangan yang tidak segera ditangani dapat mengganggu kesehatan, dan merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan bahkan obesitas.

Stres juga dapat menimbulkan berbagai gejala pada tubuh, emosi, dan bahkan perilaku Anda. Gejala stres yang dapat ditemukan pada tubuh, melansir dokter.id, adalah sakit kepala, nyeri otot, nyeri dada, dan rasa lelah. Kemudian gangguan pencernaan, rasa tidak enak di perut, sulit tidur, serta penurunan gairah seksual.

Sementara gejala stres yang dapat ditemukan pada emosi adalah:
1. Rasa cemas dan gelisah
2. Berkurangnya kemampuan untuk memusatkan perhatian
3. Menurunnya motivasi atau keinginan untuk melakukan sesuatu
4. Mudah marah
5. Mood berubah-ubah
6. Rasa sedih yang semakin lama dapat menyebabkan depresi

Selain beberapa gejala di atas, stres juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Beberapa orang mengalami penurunan nafsu makan, sedangkan yang lainnya mengalami peningkatan nafsu makan. Jadi, stres seringkali berhubungan dengan obesitas, yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan Anda.

Stres juga dapat memperburuk kebiasaan merokok dan minum alkohol. Saat dilanda stres, Anda akan merokok dan minum alkohol lebih banyak daripada biasanya, untuk melupakan permasalahan yang ada.

Pada remaja atau usia muda, tekanan hidup, pergaulan, dan kurangnya perhatian orangtua dapat membuat anak terjerumus ke penggunaan obat-obatan terlarang.

Solusinya, lakukan olahraga, tidur cukup, diet sehat, atau melakukan kegiatan yang disukai, sehingga dapat membantu mengurangi stres. ** Baca juga: Begini Maksud Jaga Jarak Sosial dan Isolasi Mandiri

Apabila stres tidak berkurang setelah mencoba beberapa hal yang telah disebutkan tadi, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mencari penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru