oleh

Bagaimana Mengenali Stres pada Lansia?

Kabar6-Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Selain orang dewasa, anak-anak dan para lanjut usia (lansia) pun bisa mengalami stres. Beberapa hal yang dapat menyebabkan stres pada orang lanjut usia adalah kematian pasangan atau teman.

Hidup sendirian dapat membuat orangtua merasa terisolasi dan stres. Pada orang yang memiliki keterbatasan fisik, melakukan aktivitas sehari-hari juga dapat menimbulkan stres.

Kadangkala stres dapat memicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan pada lansia. Melansir comfortkeepers, berikut beberapa cara untuk mengenali stres pada lansia:
1. Perubahan nafsu makan, baik meningkat ataupun berkurang
2. Mood berubah-ubah akibat stres, dapat membuat lansia mudah marah, merasa sedih atau depresi
3. Gangguan ingatan yang berupa mudah lupa, melupakan nama orang, tempat, atau benda lainnya
4. Sulit berkonsentrasi
5. Gangguan menilai atau memutuskan sesuatu seperti mengeluarkan uang secara berlebihan, meskipun keuangan mereka terbatas
6. Nyeri otot di seluruh tubuh
7. Mudah sakit
8. Gangguan tidur, baik berupa sulit memulai tidur atau sering terbangun saat tidur di malam hari
9. Menarik diri dari lingkungan maupun kegiatan lainnya

Menemukan gejala stres sedini mungkin dapat membantu lansia memperoleh penanganan secepatnya untuk mengatasinya. Berbagai olahraga seperti yoga dan berjalan atau tai chi dapat membantu mengurangi stres pada pasien lansia. ** Baca juga: Apa Itu Diet Air Putih?

Bila Anda memiliki keterbatasan fisik, terdapat beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres, yaitu diet sehat dan seimbang serta tidur yang cukup.(ilj/bbs)

Berita Terbaru