oleh

Bagaimana Memulai Pola Makan Sehat?

Kabar6-Menjalankan pola makan sehat memang tidak semudah membalikkan tangan. Ada banyak godaan di sekitar Anda, terutama makanan yang disajikan menarik, namun belum tentu memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lantas, bagaimana agar Anda dapat dengan mudah membenahi pola makan menjadi lebih sehat? Melansir beberapa sumber, sarapan bantu meningkatkan produktivitas karena dapat mengurangi kelelahan, rasa kantuk dan membantu agar Anda dapat berkonsentrasi dengan baik. Mengapa perlu sarapan? Saat bangun tidur, metabolisme otak meningkat sehingga dibutuhkan glukosa sebagai tenaga.

Glukosa dalam tubuh pada pagi hari menurun karena Anda tidak makan semalaman ketika tidur. Menu sarapan yang baik adalah makanan yang memerlukan waktu untuk dicerna, misalnya roti gandum dengan telur dadar ditambah bawang bombay, paprika dan tomat.

Kemudian jangan melewatkan makan siang, karena selain asupan energi, makan siang juga jadi sesi yang tepat untuk tubuh Anda rehat dari kesibukan harian. Pilih menu makan siang yang memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat, protein dan karbohidrat sesuai porsi.

Diet sehat bukan berarti pantang menikmati camilan. Menikmati camilan memang tidak dilarang, asalkan tidak berlebihan. Aturan mengemil adalah memperhatikan porsi dan kalori. Jangan sampai karena terkesan kecil dan tidak mengenyangkan, Anda memasukan kalori terlalu banyak dari camilan.

Hal ini dapat menyebabkan berat badan bertambah. Perlu diketahui, makanan yang digoreng mengandung lemak berlebih. Cobalah membiasakan diri makan camilan sehat seperti pisang rebus, ubi rebus, biskuit gandum, yoghurt dan cokelat hitam. ** Baca juga: Jauhi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Yuk, terapkan pola makan sehat mulai sekarang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru