oleh

Bagaimana Kalori dalam Sepiring Nasi Goreng?

Kabar6-Nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit sebagian besar orang, entah itu untuk sarapan atau saat makan malam. Menu makanan ini berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin.

Biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.

Nah, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kalori nasi goreng dalam satu piring sekira 228 hingga 400 kalori. Hal ini membuat nasi goreng dianggap sebagai makanan tinggi kalori, dan juga kaya akan lemak jenuh.

Diketahui, tubuh membutuhkan energi dari kalori dalam makanan untuk dapat beraktivitas. Rata-rata wanita membutuhkan sekira 1.600-2.400 kilokalori (kkal) per hari, sementara rata-rata pria memerlukan 2.000-3000 kkal.

Namun jumlah kalori yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda tergantung kepada tinggi, berat tubuh dan tingkat keaktivan mereka. Lantas, bagaimana besaran nutrisi yang ada dalam sepiring nasi goreng? Melansir doktersehat, berikut uraiannya:

1. Lemak
Lemak dalam sepiring nasi goreng ternyata cukup tinggi yaitu sekira 12-14 gram. Karena alasan inilah ada baiknya Anda menjaga asupan nasi goreng agar tidak berlebihan.

2. Karbohidrat
Dalam sepiring nasi goreng, Anda bisa menemukan sekira 40-50 gram karbohidrat. Hal ini disebabkan oleh bahan utama dari nasi goreng yang berupa nasi putih. Tak hanya itu, nasi goreng juga tinggi glukosa yang jika dikonsumsi dengan berlebihan tentu bisa memicu gangguan obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.

3. Protein
Tanpa adanya tambahan seperti potongan daging atau telur, ada yang terasa kurang dari nasi goreng yang Anda konsumsi. Padahal, tambahan potongan daging bisa menambah 12 gram protein. Sementara itu, tambahan telur bisa menambah 10 gram protein dan udang bisa menambah 11 gram protein.

4. Mineral
Selain mengandung vitamin dan mineral penting, nasi goreng juga kaya akan natrium dari bumbu seperti garam, kecap, dan saus. Anda juga bisa mendapatkan mineral seperti kalsium, besi, fosfor, magnesium, potasium, tembaga, serta mangan.

5. Serat
Meskipun sedikit, Anda masih bisa menemukan potongan sayuran dalam sepiring nasi goreng, sehingga akan mendapatkan setidaknya 1,5 gram serat. Sayangnya, banyak orang yang sama sekali tidak menambahkan potongan sayuran sehingga tidak mendapatkan asupan serat sama sekali dari nasi goreng.

Kalori yang berlebihan membuat berat badan Anda melebihi ukuran ideal. Perubahan pola makan dan berolahraga dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah itu. Berat badan adalah hasil dari menyeimbangkan jumlah kalori tubuh.

Karena itulah Anda disarankan untuk membuat nasi goreng menjadi lebih sehat, misalnya dengan menggunakan minyak sayur dan minyak zaitun.

Kedua jenis minyak ini mengandung lemak tidak jenuh tunggal atau ganda dan memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. ** Baca juga: Perilaku Makan Menyimpang Banyak Terjadi pada Wanita

Tambahkan juga berbagai jenis sayuran agar kebutuhan serat tercukupi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru