oleh

Bagaimana Jaga Lansia Saat Pandemi COVID-19?

Kabar6-Para lanjut usia (lansia), dikatakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, merupakan kelompok yang lebih rentan terinfeksi COVID-19. Hal ini karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang sudah lemah seiring usia.

Karena itulah saat pandemi COVID-19 ini, penting untuk merawat orangtua kita dan memastikan mereka mengikuti norma jarak sosial dan isolasi yang telah ditetapkan untuk mengendalikan penyebaran virus.

Namun di sisi lain, terkadang orangtua mulai bersikap seperti anak-anak, keras kepala dan ceroboh. Artinya, mereka juga membutuhkan pengasuhan seperti yang dilakukan kepada anak-anak.

Lantas, bagaimana cara menjaga lansia saat pandemi COVID-19? Melansir Grid, ada beberapa tips untuk membantu Anda berbicara dengan orangtua tentang pandemi CIVID-19. Disarankan untuk berhenti berdebat tentang pendapat dan fokus pada fakta. Orangtua yang sering dikondisikan oleh pengalaman hidup mereka sendiri, merasa bahwa generasi muda mengungguli tindakan tertentu. Orangtua mungkin merasa bahwa langkah yang diambil terlalu drastis dan tidak perlu.

Hal terpenting adalah Anda memberitahu mereka bahwa nasihat yang telah dikeluarkan ini diikuti oleh seluruh dunia. Ini bukan tentang apa yang mereka rasakan tentang pandemi, tetapi tentang realitas situasi saat ini.

Melawan ketidaktahuan mereka dengan fakta-fakta sulit yang akan membantu mereka memahami besarnya masalah, dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk menyelamatkan hidup mereka dan orang lain.

Penting agar Anda membuat orangtua mengerti bahwa tindakan pencegahan tidak hanya tentang usia mereka. Permasalahan ini tidak hanya berdasarkan angka. Kekebalan tubuh dan kondisi medis mendasar lainnya juga merupakan faktor yang memengaruhi tingkat keparahan penyakit.

Faktor-faktor lain juga lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua dari usia tertentu. Itulah sebabnya siapa pun yang berusia di atas 60 tahun harus ekstra hati-hati, tidak keluar rumah, dan mengikuti jarak sosial yang ketat.

Ini juga merupakan tahun yang memburuk karena banyak infeksi virus lain, seperti pilek dan flu. Saat ini, rumah sakit dibanjiri dengan pasien COVID-19, jadi akan menjadi bencana jika orangtua jatuh sakit dan tidak dapat menerima bantuan medis.

Penting bagi mereka untuk menjaga kesehatan mereka dan makan dengan baik. Mereka harus berolahraga untuk meningkatkan kekebalan keseluruhan pada saat-saat seperti ini. Apabila orangtua belum memahami besarnya pandemi COVID-19 dan bagaimana langkah-langkah yang diambil, penting untuk membantu mengendalikan penyebaran.

Tunjukkan pada mereka bagaimana jarak sosial benar-benar akan membantu dalam mengendalikan penyebaran penyakit. Anda akan dapat menempatkan titik terbaik apabila memiliki fakta yang mendukung. Penting bagi semua orangtua untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mempraktikan jarak sosial.

Lebih lanjut, adalah tugas Anda sebagai anak yang telah dewasa untuk memastikan mereka melakukannya. Sebagai anak, Anda bisa melakukan beberapa hal agar orangtua yang sudah lansia semakin terlindungi dari paparan COVID-19. Apa sajakah itu?

1. Sediakan makanan dan vitamin
2. Pantau kegiatan sehari-hari mereka
3. Ajak isolasi diri. ** Baca juga: Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Melindungi lansia saat pandemi COVID-19, berarti ikut membantu menekan angka kematian akibat virus tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru