oleh

Bagaimana Idealnya BAB Tiap Hari?

Kabar6-Salah satu hal yang menjadi tanda pencernaan tubuh lancar adalah kegiatan buang air besar (BAB). Menurut University of Massachusetts, bagian yang tersisa terbuat dari campuran bakteri mati yang membantu kita mencerna makanan, bakteri hidup, protein, serat yang tidak bisa dicerna, dan bahan limbah dari hati dan usus.

Setiap orang rata-rata BAB sekali sehari. Melansir medicaldaily, melepaskan sekira satu ons kotoran per 12 pon berat badan, berarti bahwa orang dengan berat 160 kilogram akan menghasilkan hanya di bawah satu pon kotoran sehari. Meskipun rata-rata orang BAB sekali sehari, hal itu bukan lantas menjadi pedoman. Dijelaskan ahli gastroenterologi, apa pun dalam kisaran tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu adalah normal asalkan fesesnya tidak terlalu keras atau lembek.

Di sisi lain, program diet mempengaruhi jumlah BAB. Disebutkan, orang-orang Asia BAB jauh lebih sering dibanding orang-orang di negara barat seperti Amerika Serikat. Perbedaan ini dilaporkan adalah efek dari diet tinggi serat yang disukai oleh banyak orang di Timur.

Lancar tidaknya BAB juga dipengaruhi oleh gaya hidup seperti makan dan olahraga. Biasanya proses pencernaan akan terganggu pada saat liburan. Program diet secara perseorang pun akan mengganggu pencernaan, termasuk saat Anda mengalami depresi yang biasanya menimbulkan sembelit. ** Baca juga: Benarkah Posisi Tidur Miring Bikin Mood Jelek Keesokan Harinya?

Jadi idealnya proses pembuangan kotoran adalah sehari tiga kali hingga tiga kali seminggu. Di luar itu, Anda disarankan untuk menjalankan pola makan sehat dan teratur serta olahraga. Jika pencernaan masih tidak berjalan dengan baik, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru