oleh

Bagaimana Efek Konsumsi Kopi Saat Sahur?

Kabar6-Minum kopi menjadi kebiasaan sebagian besar orang di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Lantas, apa efek konsumsi kopi saat puasa Ramadan? Apakah kebiasaan ini berpengaruh terhadap ketahanan tubuh selama menjalankan ibadah puasa?

Pada dasarnya, kebiasaan minum kopi tidak menjadi masalah selama puasa. Hal yang harus diperhatikan, Anda harus mengurangi porsinya, atau tidak dikonsumsi secara berlebihan. Apabila Anda terbiasa mengonsumsi kopi sebanyak dua sendok teh, maka selama puasa dapat mengurangi konsumsi kopi menjadi satu sendok teh saja.

Hal ini perlu dilakukan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein selama berpuasa, umumnya bisa berpengaruh terhadap berbagai kondisi. Melansir Kompas, berikut efek konsumsi kopi saat sahur:

1. Efek diuresis
Efek pengaruh pertama yang bisa terjadi diakibatkan kebanyakan mengonsumsi kafein terutama kopi adalah efek diuresis, yaitu peningkatan produksi urine, sebagai efek samping konsumsi kafein. Efek diuresis sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya.

2. Dehidrasi
Berlebihan minum kopi akan menyebabkan efek diuresis, sehingga membuat Anda merasakan dehidrasi saat menjalankan puasa.

Padahal, tanpa didorong efek dehidrasi dari konsumsi kopi, pada dasarnya manusia akan mudah dehidrasi saat kekurangan cairan tubuh, terlebih kondisi berpuasa memang mengharuskan tidak mengonsumsi asupan cairan apa pun.

Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum saat sahur. ** Baca juga: Jangan Lupa Konsumsi 5 Buah Sebagai Tambahan Vitamin C Selama Puasa

Asupan makan sehat dapat menjadi bekal untuk tubuh agar tetap fit selama dalam menjalankan ibadah puasa. Selalu pilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru