oleh

Bagaimana Cara Mudah Turunkan Berat Badan di Usia 40-an?

Kabar6-Tidak seperti semasa remaja atau usia 20-an, saat usia sudah mencapai 40-an, usaha untuk menurunkan berat badan menjadi semakin sulit dilakukan. Seringkali berat badan turun tidak sesuai harapan, padahal sudah melakukan diet ketat.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan? Melansir Webmd, ada beberapa tips agar lebih mudah menurunkan berat badan di usia 40-an:

1. Makan buah dan sayuran
Saat berusia 40-an, sebaiknya isi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran setiap kali makan karena mengandung lebih banyak nutrisi, serta lebih sedikit lemak dan kalori daripada daging atau produk susu. Ini bisa membantu Anda merasa kenyang, meski makan lebih sedikit.

2. Jangan lewati sarapan
Para ahli merekomendasikan makan pagi yang sehat, seperti oatmeal atau roti gandum utuh dengan buah. Ini dapat membantu mengekang rasa lapar di tengah hari yang membuat Anda ngemil makanan tidak sehat atau makan berlebihan saat makan siang.

3. Makan lebih sedikit di malam hari
Jika Anda mendapatkan sebagian besar kalori harian saat makan siang, sebelum pukul 15.00, maka berat badan mungkin turun lebih banyak daripada jika makan besar di malam hari. Namun, pastikan makanan bukan termasuk makanan tidak sehat.

4. Luangkan waktu untuk berolahraga
Banyak wanita yang sudah berusia 40-an mengeluh tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Namun, ini sangat penting untuk menjaga berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Usahakan memiliki waktu untuk melakukan aktivitas fisik sedang minimal 2,5 jam setiap minggu.

5. Jangan lupa membentuk otot
Anda secara alami akan kehilangan otot saat berusia 40-an, terutama setelah menopause. Jadi, jangan lupa untuk membentuk otot karena dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu untuk membantu menjaga otot-otot tersebut.

6. Tidur nyenyak
Jika tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda cenderung mengalami kenaikan berat badan. Jika ini yang terjadi pada Anda, cobalah ubah kebiasaan sebelum tidur dan lakukan rutinitas yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

7. Hindari stres
Anda harus tahu kalau stres lebih cenderung membuat seseorang mengonsumsi makanan tidak sehat sehingga tubuh lebih sulit untuk memecah lemak.

Cara menghilangkan stres berbeda untuk setiap orang, jadi temukan apa yang cocok untuk Anda yang saat ini berusia 40-an, seperti yoga, meditasi, jalan-jalan di alam, atau membaca buku yang bagus. ** Baca juga: Benarkah Timbangan Jadi Satu-satunya Cara untuk Mengecek Berat Badan?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru