oleh

Bagaimana Cara Mengetahui Tubuh Sudah Cukup Vitamin C?

Kabar6-Selain menjaga kebersihan dan pola makan yang seimbang, menambah asupan lain seperti mengonsumsi vitamin C dirasa penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Untuk memberikan efek kesehatan yang optimal, kadar vitamin C dalam tubuh pun perlu dipertahankan. Vitamin C sendiri merupakan zat gizi esensial yang harus diperoleh dari makanan sehari-hari. Secara alamiah, vitamin C dapat diperoleh dari buah dan sayur, misalnya jambu biji, jeruk, brokoli, dan kembang kol.

Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi vitamin C sebanyak 1.250 mg/hari selama delapan minggu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis dan memperlambat proses penuaan. ** Baca juga: Ikuti Cara Konsumsi Vitamin C yang Benar

Lantas, bagaimana mengetahui Anda telah cukup mengonsumsi vitamin C? Hal yang paling mudah, melansir medcom, dengan mencatat buah dan sayur yang telah kita konsumsi. Idealnya, Anda mengonsumsi tiga porsi buah dan sayur. Meski demikian, semua bisa disesuaikan tergantung kebutuhan.

Bila dibutuhkan, kita dapat memperoleh vitamin C dari makanan dan minuman yang telah melewati proses penambahan mikronutrien. Misalnya seperti jus jeruk atau minuman yang mengandung jeruk dengan melihat label kemasannya untuk mengetahui kandungannya. Untuk dosis yang lebih tinggi, dianjurkan juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin C.

Orang yang banyak membutuhkan vitamin C adalah mereka yang sering mengonsumsi makanan tidak segar dan makanan yang tidak mengandung sumber vitamin C. Kemudian, mereka dengan pola hidup tidak sehat, seperti tidak pernah berolahraga, merokok, dan sering meminum alkohol.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu serta ditambah dengan polusi, vitamin C menjadi penting untuk menjaga kondisi tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru