oleh

Bagaimana Atasi Perut Begah Setiap Usai Makan?

Kabar6-Perut begah adalah sensasi yang umum dialami banyak orang. Begah adalah istilah awam untuk menggambarkan kondisi perut yang terasa penuh, padat, kencang, dan sesak. Beberapa orang mungkin menggambarkan sensasi begah dibarengi dengan rasa perih.

Rasa begah atau kembung setelah makan merupakan sesuatu yang wajar. Pasalnya, proses pencernaan secara alami menghasilkan gas. Selain itu, udara juga bisa masuk ke saluran pencernaan saat seseorang makan dan minum.

Beberapa jenis makanan dan minuman juga bisa memicu timbulnya rasa begah, antara lain apel, kacang polong, brokoli, kembang kol, selada, produk susu, bawang, pir, asupan terlalu asin, makanan berlemak, dan minuman bersoda.

Sendawa dan buang angin umumnya bisa membantu mengatasi penumpukan gas dan udara di usus ini. Melansir Kompas, ada sejumlah cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut begah setelah makan. Apa sajakah itu?

1. Jalan-jalan ringan
Jalan-jalan ringan dapat mengatasi perut begah setelah makan. Saat perut terasa begah setelah makan, coba untuk beranjak dari tempat duduk dan jalan-jalan ringan sebentar.

Tak hanya meredakan perut begah setelah makan, olahraga ringan ini juga bisa memberikan ‘bonus’ tubuh jadi lebih bugar.

2. Konsumsi probiotik
Saat perut terasa begah setelah makan, coba atasi dengan mengonsumsi probioti, yang dapat membantu mengatur keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Hal itu dapat mengurangi rasa perut begah. Bakteri baik di dalam usus dapat menunjang kinerja enzim yang membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein di dalam pencernaan.

3. Minum jahe
Jahe adalah obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti perut begah dan kembung. Studi pada 2013 membuktikan manfaat jahe untuk kesehatan, termasuk meredakan kembung.

Jahe mengandung karminatif, zat yang bermanfaat untuk mengurangi gas yang berlebihan di saluran pencernaan. ** Baca juga: Mengapa Suara Hujan Gampang Bikin Anda Tidur?

Perut begah setelah makan umumnya bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, apabila begah masih bisa diatasi dengan cara sederhana tadi.

Namun Anda perlu berkonsultasi ke dokter apabila begah tak kunjung hilang disertai gejala sakit perut, mual, sembelit, diare, lelah, penurunan berat badan, dan iritasi kulit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru