oleh

Bagaimana Atasi Lemas Selama Berpuasa?

Kabar6-Puasa mau tidak mau akan mengubah pola makan Anda. Hal ini tentu akan memberikan efek bagi tubuh, salah satunya adalah lemas. Apabila berlangsung secara terus menerus, tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas harian.

Bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lemas selama berpuasa. Apa sajakah itu?

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Mengonsumsi air putih dengan pola delapan gelas setiap hari bisa cegah Anda merasa haus di siang hari, karena tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan tiga gelas saat sahur, tiga gelas saat berbuka, serta dua gelas saat menjelang tidur.

Jangan lupa utamakan air putih saat berbuka, ketimbang es teh manis atau makanan yang mengandung santan, untuk mencegah Anda lebih cepat haus.

2. Perhatikan menu makanan
Pilih makanan yang berkualitas, agar saat puasa tubuh tetap sehat dan bugar. Anda bisa memilih menu makanan alami dan mudah dicerna oleh tubuh. Makanan seperti ini tentu bukan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Pastikan juga makanan berkualitas yang dikonsumsi sudah melewati proses pemasakan yang tidak berlebihan, agar kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral dalam makanan tidak hilang.

Agar kebutuhan vitamin dan nutrisi bertambah, Anda bisa mengonsumsi buah saat sahur. Selain menyehatkan, buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tidak akan kehabisan energi untuk mencerna saat berpuasa nanti.

Hindari makan sahur berlebihan karena akan membuat pencernaan bekerja lebih keras, sehingga Anda akan cepat lemas. ** Baca juga: Waspadai 5 Masalah Pencernaan yang Rentan Terjadi Selama Puasa

3. Hindari makanan atau minuman yang mengandung zat diuretik
Diuretik sendiri merupakan obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine. Jadi, Anda perlu menghindari konsumsi teh dan kopi secara berlebihan, karena kedua bahan ini bersifat diuretik dan menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

Selain makanan dan minuman, jangan lupa cukup tidur untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru