oleh

Bagaimana Atasi Bau Mulut Karena Kopi?

Kabar6-Mungkin belum banyak yang menyadari, bahwa selain sejumlah makanan seperti duren, petai, atau jengkol, ternyata kopi juga bisa bikin mulut bau, lho.

Semakin kuat aroma makanan atau minuman yang masuk ke tubuh, maka makin membuat napas kita bau. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau kopi yang mengganggu? Melansir Menshealth, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau mulut akibat kopi. Apa sajakah itu?

1. Rotasikan kopi dengan teh hijau
Gula yang ditambahkan ke kopi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Salah satu tanda kerusakan gigi adalah munculnya bau mulut atau halitosis. Dalam the Journal of Oral Biology disebutkan, ekstrak teh hijau dapat menghilangkan sulfur yang menyebabkan gigi rusak dan bau mulut.

Para peneliti menyarankan mengonsumsi teh hijau untuk menstimulasi produksi air liur atau saliva yang akan membantu pembersihan gigi Anda setelah makan atau minum kopi.

2. Santai
Saat Anda memulai pagi dengan minum kopi, kafein yang terkandung dalam kopi akan menimbulkan efek kecemasan sesaat. Ternyata, efek ini juga dapat memberi kontribusi timbulnya bau mulut.

Studi yang dilakukan di Brasil mengungkapkan, semakin tinggi tingkat cemas seseorang, semakin banyak sulfur yang dihasilkan. Sulfur inilah yang akan menimbulkan bau mulut. Kecemasan ini juga dapat membuat mulut kering. Hal-hal tersebut yang membuat para peneliti menghubungkan kecemasan dengan timbulnya bau mulut.

3. Sarapan dengan yoghurt
Dalam sebuah studi di Jepang, peneliti memeriksa relawan yang mengonsumsi yoghurt setiap pagi selama enam minggu, kemudian dilakukan pemeriksaan pada lidah para relawan tersebut.

Hasilnya, ditemukan jumlah bakteri yang terdapat pada mulut relawan itu tetap sama tetapi produk sampingan yang dihasilkan bakteri yaitu hydrogen sulfida berkurang setengahnya.

Para peneliti mengatakan, jumlah bakter ‘baik’ dalam yoghurt menggantikan posisi bakteri yang menyebabkan bau dalam mulut. Hasil yang sama juga didapat dengan menggunakan pil prebiotik.

4. Tambah kopi lagi
Tim peneliti dari Israel mencoba mencampur air liur manusia dengan kopi. Hasilnya, ditemukan bahwa kopi sebenarnya juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Usahakan untuk tidak mencampur kopi dengan susu. Menurut peneliti, selain mengakibatkan dehidrasi, susu dapat memfermentasi kopi menjadi zat yang menyebabkan bau mulut. ** Baca juga: Mengapa Orang Jepang Punya Waktu Tidur Tersingkat di Dunia?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru