oleh

Bagaimana Agar Nutrisi dalam Sayuran Tetap Terjaga?

Kabar6-Sebelum diolah menjadi masakan, biasanya sayuran buah seperti tomat, mentimun, kentang, wortel, dan sejenisnya, akan dikupas dan dipotong terlebih dahulu.

Namun tahukah Anda, kebiasaan ini justru membuat bahan makanan tersebut kehilangan nutrisinya? Wortel misalnya, sebelum diolah menjadi sup, kulit wortel biasanya dikupas dan dipotong terlebih dahulu.

Padahal, melansir verywell, kulit wortel melindungi vitamin yang terdapat di dalamnya, misalnya vitamin A dan E. Kedua vitamin ini adalah antioksidan, yang berarti mereka akan bereaksi ketika terkena oksigen. Ketika wortel dipotong, daging wortel terpapar oksigen sehingga mengurangi kadar vitamin.

Meski vitamin B kompleks, mineral, dan serat tidak ikut hilang setelah wortel dikupas atau dipotong, sebaiknya wortel maupun kentang dan mentimun cukup dibilas dan dimasak tanpa dikupas atau dipotong. Karena kebanyakan vitamin tersebut berada pada kulitnya.

Agar nutrisi dalam sayuran tetap awet, disarankan juga untuk tidak mencuci sayuran atau buah sebelum akan dikonsumsi. Jika ingin memotong buah, potonglah dalam ukuran yang besar.

Semakin besar potongan buah, maka semakin kecil buah terpapar oksigen sehingga vitamin yang hilang juga semakin sedikit. ** Baca juga: Hindari 4 Hal yang Picu Sering Pusing di Pagi Hari

Setelah itu, masukkan buah dalam wadah yang kedap dan simpan dalam kulkas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru