oleh

Bagaimana Agar Diet Tidak Gagal Terus?

Kabar6-Siapa sih yang tidak ingin memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional? Hal ini salah satunya bisa didapatkan melalui diet. Sayangnya, diet yang dilakukan tidak selalu sukses.

Disebutkan, ada tiga pemicu wanita gagal dalam diet, yang berujung kepada pola pikir dan niat. Melansir tempo.co, pemicu pertama adalah adanya gangguan makan atau eating disorder seperti anoreksia, bulimia, dan bitch eating atau makan dengan porsi luar biasa tanpa sadar. Ketiga gangguan makan ini terjadi karena ada konflik tubuh dan makanan, sehingga menyulitkan seseorang untuk menjaga berat badannya.

Pemicu kedua adalah kesalahan niat. Kebanyakan orang menjalani diet karena faktor eksternal, misalnya permintaan orangtua atau pasangan. Niat tersebut pun diikuti rasa marah dalam diri. Dalam jangka waktu pendek, diet berhasil dengan cepat. Namun, diet itu tidak akan bertahan lama, sebab orang diet dalam kondisi marah akan membuang banyak energi. Begitu kelelahan, dia akan menyerah dan mencari pembenaran untuk menghentikan rasa marahnya.

Kemudian pemicu ketiganya adalah adanya rasa marah dari diri sendiri. Hal ini seperti body shamming kepada diri sendiri karena tekanan standar kecantikan dalam masyarakat. Misalnya, kalau saya tidak kurus, berarti saya jelek, buruk, dan tidak oke seperti dia. Jadi, sesuatu yang diawali dengan rasa marah, semakin menjauh dari pola makan teratur dan berisiko mengalami gangguan makan.

Hal yang terpenting saat menjalani program diet adalah niat yang benar, bertanya kepada diri sendiri, apa yang kita inginkan dan raih. Jangan lupa cintai sekaligus hargai diri sendiri. ** Baca juga: Apa Saja Ciri Produk Sunscreen yang Kurang Efektif Lindungi Kulit?

Pemikiran-pemikiran tersebut tidak akan mengacaukan pola makan yang sehat, dan terhindar dari diet yoyo. Selain itu juga mencegah terjadinya gangguan makan.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru