oleh

Bagaimana 3 Posisi Tidur Ini Berpengaruh Bagi Kesehatan?

Kabar6-Tiap orang memiliki posisi tidur favorit. Ada yang memilih posisi tengkurap, telentang, menyamping, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda, posisi tidur ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh, lho.

Karena itulah, saat bangun tidur tidak sedikit yang mengeluh sakit leher, punggung, perut, bahkan muncul kerutan dini. Hal ini bisa jadi disebabkan karena Anda salah posisi tidur.

Agar kesalahan posisi tidur tidak berlarut-larut, melansir detikhealth, Anda perlu mengenali tiga posisi tidur berikut dampak kesehatannya bagi tubuh. Apa sajakah itu?

1. Tidur telentang
Tidur telentang disebut bisa mencegah nyeri leher dan nyeri punggung. Selain itu, posisi tidur seperti ini juga bisa mengurangi keriput sekaligus menjaga bentuk payudara.

Tidur telentang juga memudahkan kepala, leher, dan tulang belakang tetap berada di posisi netral. Sayangnya, tidur telentang membuat Anda mendengkur.

2. Tidur menyamping
Tidur menyamping atau tidur menghadap ke arah samping kiri maupun kanan mencegah nyeri leher dan punggung, mengurangi kebiasaan mendengkur, dan disebut-sebut baik untuk kehamilan. Namun, kekurangan tidur menyamping bisa mempengaruhi kesehatan kulit, seperti munculnya kerutan.

3. Tidur meringkuk
Posisi tidur meringkuk merupakan posisi tidur menyamping dengan perut dan lutut yang tertekuk seperti bayi. Kelebihan saat tidur meringkuk ternyata bisa mengurangi kebiasaan mendengkur.

Namun, posisi tidur meringkuk sebenarnya tidak disarankan bagi seseorang yang mengalami radang sendi terutama di daerah punggung. Karena posisi tidur meringkuk disebut menambah tekanan di daerah punggung. ** Baca juga: Apa Alasan Pakai Masker Kain Terlalu Tebal Tak Dianjurkan?

Menurut Dody Chang, seorang ahli akupunktur berlisensi di Irvington, NY dari ketiga posisi tidur di atas, posisi tidur telentang dan menyamping sangat disarankan. Sementara posisi meringkuk dianggap tidak ideal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru