oleh

BAB Ikut Pengaruhi Berat Badan?

Kabar6-Mungkin selama ini Anda menganggap bahwa buang air besar (BAB) dapat mempengaruhi berat badan. Benarkah anggapan itu? BAB memang dapat mempengaruhi berat badan seseorang, tetapi hanya sedikit.

Hal ini, melansir womenshealthmag, tergantung pada ukuran dan seberapa sering Anda BAB setiap harinya. Berat tinja dapat bervariasi dari 500 gram hingga 2 kg, dan akan semakin berat bila Anda tidak BAB selama beberapa hari. Bila Anda baru saja BAB setelah beberapa hari mengalami sembelit, mungkin merasa berat badan telah berkurang sangat banyak. Hal ini karena BAB dapat mengurangi perut kembung dan membuat perut menjadi lebih kecil.

Meskipun demikian, penurunan berat badan yang terjadi setelah BAB bukan disebabkan oleh penurunan massa lemak di dalam tubuh. Dianjurkan agar Anda menimbang berat badan Anda pada waktu yang sama setiap harinya, yaitu di pagi hari.

Mengonsumsi makanan kaya serat merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keduanya, yaitu penurunan berat badan dan memperlancar BAB. Selain dapat membantu memperlancar BAB, mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, dan membantu mengatur kadar gula darah serta menurunkan kadar kolesterol darah, serat juga dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, yang tentu saja dapat membantu menurunkan berat badan. ** Baca juga: Tidak Suka Kuningnya, Ini Manfaat Konsumsi Putih Telur

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat antara lain buah, sayuran, dan gandum. Konsumsilah setidaknya 25-30 gram serat setiap harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru