oleh

Ayyadurai, Penemu E-mail yang Terlupakan

Ayyadurai semasa kecil.(mensxp.com)
Ayyadurai semasa kecil.(mensxp.com)

Kabar6-Electronic Mail atau lebih dikenal dengan sebutan E-mail merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler.

Namun tahukah Anda siapa orang yang pertama menemukan E-mail? Siapa sangka, E-mail sudah ditemukan 32 tahun lalu oleh V.A. Shiva Ayyadurai, bocah berusia 14 tahun asal India.

Melansir Wittyfeed, Ayyadurai adalah seorang ilmuwan India-Amerika yang pertama kali mengembangkan emulasi penuh skala sistem mail antar kantor 32 tahun lalu yang disebut ‘E-mail’.

V.A. Shiva Ayyadurai.(lizlinder.com)
V.A. Shiva Ayyadurai.(lizlinder.com)

Lahir dari keluarga Tamil di Bombay, India, pada usia tujuh tahun, Ayyadurai bersama keluarga hijrah ke Amerika Serikat. Pemuda yang sekolah di SMA Livingsto, New Jersey, ini mulai menciptakan karyanya berupa sistem ‘E-mail’ untuk Universitas Kedokteran dan Dokter Gigi New Jersey.

Awalnya, sistem e-mail ciptaan Ayyadurai masih mengandalkan mesin tik. Selanjutnya, dikutip dari Wow Menariknya, ia pun mulai mengembangkan sistem E-mail virtual.

Ayyadurai lantas menciptakan sebuah program komputer yang terdiri lebih dari 50.000 baris kode, yang secara elektronik direpleksikan semua fiturnya ke dalam sistem antar kantor pos.

Pada 30 Agustus 1982, secara resmi Ayyadurai diakui sebagai penemu surat elektronik oleh pemerintah AS dan diberi US Copyright untuk penemuannya pertama kali pada 1978. ** Baca juga: Fantastis, Taco di Meksiko Dijual Seharga Rp334,6 Juta

Meskipun berprestasi, sayangnya tidak banyak yang mengetahui bahwa Ayyadurai-lah penemu E-mail pertama di dunia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru