oleh

Awasi UN, Polisi di Tangsel Lepas Seragam

Kabar6-Penempatan anggota kepolisian di rayon yang menjadi lokasi penyimpanan soal ujian nasional (UN) SMP sederajat sengaja tidak mengenakan segaram dinas.

Semua anggota polisi yang ditugaskan di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk mengawasi UN SMP, mengenakan pakaian bebas.

“Biar tidak kelihatan tegang saja lokasi ujiannya,” jelas Ketua Rayon 04 Kecamatan Pamulang, Rita Juwita kepada wartawan, Senin (5/4/2014).

Penjagaan soal ujian di Rayon 04 pun terbilang ketat. Menurut Rita, soal ujian disimpan salah satu ruang di SMP Negeri 4 Pamulang dan dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Selain ruang penyimpanan soal dilengkapi dengan Close Circuit Televisi (CCTV), juga  masih dijaga oleh petugas kepolisian yang bertugas tiga shift. Satu shift terdiri dari dua orang polisi.

Rita menjelaskan, penyelenggaraan UN tingkat SMP tahun 2014 ini terbilang lancar. Hingga pelaksanaan ujian rampung pukul 10.00 WIB, tak ada laporan sekolah penyelenggara terkait kekurangan soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Terhitung 29 sekolah penyelenggara UN dari 32 sekolah tingkat SMP, 2.398 siswa peserta ujian di Rayon 04 tidak ada kekurangan soal ujian. “Alhamdullilah tidak ada laporan kekurangan soal ujian. Semua cukup untuk 131 ruang ujian di Rayon 04,” jelasnya.

Di Rayon 04, dari data yang diperoleh, ada empat orang siswa peserta UN yang tidak bisa hadir lantaran sakit. Siswa yag tak bisa hadir tersebut atata lain dari SMP Arraisiyah dua orang. SMP Djojoredjo satu orang dan SMP Kharisma Bangsa satu orang.

Keempat orang tersebut dipastikan mengikuti ujian susulan yang diselenggarakan di Kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangsel. “Peserta yang berhalangan karena sakit bisa ujian susulan. Soalnya pun berbeda,” katanya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 17 Pamulang, Hermayandana mengatakan hari pertama penyelenggaraan UN tingkat SMP di SMP Negeri 17 dihadiri oleh seluruh peserta sebanyak 416 peserta. Tidak ada siswa SMP 17 yang berhalangan karena sakit.

“Hadir semua. Ujian di SMA 17 lancar,” paparnya. **Baca juga: Hari ini, Siswa SMP di Kota Tangerang Hadapi UN.

Ditanya soal target kelulusan, pihaknya menargetkan seluruh siswa SMP Negeri 17 lulus 100 persen. Untuk target nilai tahun ini, pihaknya menargetkan naik 0.5 tahun ini dari nilai tertinggi tahun lalu yakni 36.45. **Baca juga: 15 Andikpas di Tangerang Ikuti UN.

Pasalnya, pihaknya sudah melakukan persiapan¬† matang terhadap para siswanya berupa try out dan pendalaman materi. “Itu kan target. Boleh saja pasang target. Kita menargetkan tahun ini nilai lebih tinggi,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru