oleh

Awas! Peretasan Akun Medsos Kembali Terjadi

Kabar6-Masih segar diingatan berita tentang 50 juta akun facebook yang telah diretas oleh hacker (28/9/2018). Sang hacker menemukan celah untuk mencuri token akses facebook yang dapat digunakan untuk mengambil alih akun.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kabar6.com, peretasan yang dilakukan tidak hanya akun facebook saja. Namun, hacker juga meretas informasi dari akun pihak ketiga.

Diantaranya Tinder, Spotify, Instagram dan Airbnb. Ini terjadi apabila akun tersebut menggunakan facebook untuk masuk ke aplikasi pihak ketiga itu.

Hari ini, Selasa (9/10/2018), peretasan akun facebook dan Instagram juga dialami warga Perumahan Bintaro Galery RT 005/05, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Tak hanya akun facebook yang diretas, namun akun Instagram dan akun email juga diretas. Termasuk nomor telepon pengamannya sudah berganti.

Lia (yang diretas akun medsosnya) merasa heran, sejak pagi dirinya tak bisa akses masuk ke facebook dan instagram miliknya. “Mungkin lagi error,” kata Lia.

Namun tak berapa lama, salah seorang teman Lia mengontaknya melalui pesan whatsapp dan menanyakan apa benar Lia meminta sejumlah uang untuk keperluan yang urgent.

“Dari situ saya mulai bingung mas. Kok temenku tiba-tiba ngontak hanya untuk menanyakan hal itu. Padahal aku ga pernah meminta apapun ke teman-teman di medsos,” jelasnya.

Lia segera membuka akun facebook dan intagramnya namun password yang dimasukkan tidak valid. Lia mencoba membuka akun emailnya, jawaban yang sama tidak valid.

Melihat hal yang tak biasa itu, Lia langsung kaget dan menanyakan teman-temannya melalui pesan whatsapp dan telepon.

Kemudian, beberapa teman mengirimkan screenshot permintaan sejumlah uang yang dilakukan melalui inbox medsos tersebut.

**Baca juga: Punya Sertifikat, Tanah Yo Sin Tian di Teluk Naga Dipasangi Plang.

“Beberapa teman mengirimkan hasil screenshot permintaan sejumlah uang yang ditujukan kepada teman facebook dan instagram saya,” ungkapnya. (fit)

Print Friendly, PDF & Email