oleh

Awas Pencurian Saat Mudik, Kapolres : Pelakunya Tembak Ditempat

Kabar6-Antisipasi berbagai kejahatan terutama aksi pencurian di rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya. Polres Metro Tangerang bersama Satuan Tugas Rumah Kosong (Satgas Rumsong) mulai meningkatkan patroli keamanan di sejumlah wilayah di Kota Tangerang.

“Kerawanan terjadi pada mudik lebaran setiap tahunnya, khususnya pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya. Untuk itu kami akan melakukan patroli secara berkala ke pemukiman warga,” kata Kapolres Metro Tangerang, Kombes Riad kepada Kabar6.com.

Ditanya soal tembak di tempat bagi pelaku kejahatan, Riad mengatakan, pihaknya tetap akan mendahulukan prosedur penangankan tetap, namun kalau tidak bisa dilakukan secara persuasif, terpaksa dilakukan tindakan represif.

“Seperti yang terjadi di wilayah Karawaci beberapa hari yang lalu, seorang pelaku pencurian rumsong ditembak petugas karena berusaha kabur,” kata Kombes Riad di ruang kerjanya.

Kapolres juga meminta kepada warga yang akan meninggalkan rumahnya dalam waktu lama, untuk melapor kepada RT atau RW setempat kemudian diteruskan ke Polsek masing-masing.

“Dengan adanya laporan itu, petugas Polsek bisa melakukan patroli ke rumah-rumah yang ditinggal penghuninya tersebut secara intensif, guna mencegah terjadi aksi kejahatan,” ungkapnya.

Sebelum meninggalkan rumah, Kapolres menghimbau bagi warga yang ingin mudik untuk  mematikan listik dan kompor yang bisa memicu kebakaran.

“Kami berharap warga meninggalkan rumah dengan kondisi yang aman, seperti menggunakan kunci ganda, mematikan listrik dan kompor, juga melapor ke Polsek,” katanya. (Arsa/abie)

Berita Terbaru