oleh

Awas, Bahan Pangan Mengandung Zat Bahaya Kuasai Pasar

Kabar6-Kegiatan inspeksi mendadak yang digelar petugas gabungan dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot) menemukan sejumlah bahan makanan tidak layak konsumsi.

Masyarakat selaku konsumen diminta agar teliti dan tak memilih komoditas pangan itu karena membahayakan kesehatan.

“Bahan makanan ini setelah diperiksa ternyata menggunakan zat pengawet mayat dan pewarna tekstil,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Muhammad kepada wartawan di pasar Ciputat, Rabu (24/7/2013).

Bekerjasama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Banten, terang Muhammad, pemerintah daerah intensif melakukan pengawasan. Tujuannya, untuk meminimalisir dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjadi konsumen cerdas.

“Selama bulan puasa pola konsumsi masyarakat terhadap makanan cenderung tinggi. Tapi mereka tidak tahu mana yang baik untuk di makan dan mana yang tidak,” jelasnya seraya menambahkan insiden ini dapat dipastikan juga terdapat pada makanan yang ada di seluruh  pasar tradisional dan modern diberbagai daerah.

Ditempat sama, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyekat Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Tulus Muladiyono, menegaskan bahwa semua bahan makanan yang mengandung zat pewarna ini sangat vital merusak organ tubuh manusia.

Diakui Tulus, efek penyakit yang akan timbul dan dirasakan konsumen memang tidak dalam jangka waktu cepat. Tapi secara perlahan akan menggerogoti sel kekebalan tubuh. “Seramnya, zat kimia berbahaya ini bisa menyebabkan penyakit kanker,” tegasnya.(yud)

Berita Terbaru