oleh

Aturan Makan Seafood Agar Kolesterol Tidak Naik

Kabar6-Aneka hidangan laut atau seafood memang memiliki banyak penggemar. Selain lezat, sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi standar gizi harian.

Meskipun demikian, seafood memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya. Melansir beberapa sumber, ini dia aturan makan seafood agar kolesterol tidak naik:

1. Batasi porsinya
Asupan kolesterol per hari sebaiknya tidak lebih dari 300 mg. Sebaiknya, batasi makanan laut seperti kerang, kepiting, maupun udang hanya sekira delapan ons saja dalam seminggu. Total kalori yang terdapat pada makanan tersebut bisa mencapai 226 mg, sehingga dianggap masih aman untuk kesehatan.

2. Masak dengan cara sehat
Seafood yang dimasak dengan cara digoreng dapat memberkan lebih banyak asupan lemak dalam tubuh, hingga akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Pilihlah menu seafood yang diolah dengan cara sehat seperti dipanggang, rebus, kukus atau tumis dengan sedikit minyak atau tanpa minyak.

3. Gunakan rempah-rempah
Anda dapat menambahkan rempah-rempah yang membuat masakan menjadi lebih sedap tanpa bumbu instan sehingga seafood semakin istimewa. Selain itu, rempah-rempang juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, seperti bawang putih.

4. Ikut sertakan makanan berserat
Makanan berserat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Anda bisa memesan sayur kacang, buncis, untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dari seafood.

5. Tambahkan perasan jeruk lemon
Kandungan vitamin C dan flavonoid yang terdapat dalam perasan jeruk lemon juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik. ** Baca juga: Apa Saja Sih Kandungan Nutrisi dalam Sepiring Gado-gado?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru