oleh

Atur Ritme Makan Agar Tidak Cepat Lapar

Kabar6-Harus diakui bahwa mengemil makanan ringan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang. Akibatnya, berat badan pun melonjak tak terkendali, terlebih apabila nyaris setiap hari Anda mengemil.

Kunci menjaga berat badan lebih stabil adalah mengatur ritme makan, sehingga perut tidak cepat merasa lapar. Melansir beberapa sumber, berikut beberapa trik sederhana agar tidak cepat lapar:

1. Minum air putih sebelum makan
Sebelum makan, minumlah 1-2 gelas air putih, sehingga Anda akan merasa lebih cepat kenyang. Minum air putih sebelum makan ternyata bisa mengurangi hingga 60 kalori.

2. Makan sayuran warna-warni
Sayuran berwarna jingga atau hijau, seperti wortel, brokoli, atau bayam mengandung 90 persen air dan kaya serat, sehingga perut pun akan terasa lebih cepat penuh.

3. Ganti nasi putih dengan kentang
Menurut studi British Journal of Nutrition, mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal, atau kentang bisa mengenyangkan hingga berjam-jam.

4. Pilih ikan ketimbang daging
Dibanding daging merah, ikan salmon bisa menjadi salah satu pilihan. Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu perut merasa kenyang dan bertahan beberapa jam. Konsumsi ikan mengurangi 75 kalori dari mengonsumsi daging.

5. Mengemil kacang sebelum makan
Kacang seperti mete, almond, atau kacang tanah, mengandung serat, protein, dan lemak. Kandungan kacang ini mengaktifkan perasaan kenyang, sehingga Anda jadi makan lebih sedikit. ** Baca juga: Cuaca Bisa Pengaruhi Hati Seseorang

6. Tambahkan cuka atau kayu pada makanan
Apabila memungkinkan, tambahkan sedikit cuka atau bubuk kayu manis pada makanan. Menurut penelitian dari Department of Agricultural and Food Sciences, Swiss, dua bahan ini bisa mengontrol kadar gula darah sehingga Anda tak akan mudah merasa lapar.

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru