oleh

Atur & Optimalkan Letak Tata Ruang Ala Feng Shui

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menata ulang atau bahkan mengganti interior rumah mungkin sering Anda lakukan sepanjang tahun. Salah satunya pada ruang keluarga, agar suasana tidak membosankan.

Ruang yang sekaligus juga merupakan tempat berkumpul seluruh anggota keluarga ini biasanya didesain untuk memberikan rasa nyaman.

Nah, bagaimana menyelaraskan energi lingkungan dengan mengoptimalkan tata letak rumah Anda menurut feng shui? Berikut uraiannya, dikutip dari everydayme.co.id:

1. Biarkan cahaya masuk
Pada siang hari sedapat mungkin manfaatkan sinar matahari yang masuk ke rumah. Bersihkan jendela, karena kotoran akan mengurangi cahaya  yang masuk hingga setengahnya.

Bersihkan juga tirai pada jendela. Jika Anda berencana menggantinya, pilihlah tirai yang terbuat dari serat alami dan bahan berwarna terang. Percantik ruangan dengan beberapa kaca untuk menarik dan memantulkan sinar matahari, sehingga membuat ruangan tampak lebih besar.

Pada malam hari, pilihlah  sumber penerangan yang menyenangkan dan tepat untuk menciptakan suasana santai. Gunakan bola lampu dengan berbagai intensitas yaitu lampu terang untuk meja makan, lampu  lebih redup untuk bersantai dan lampu sorot untuk membaca.

2. Bulatkan sudut
Sudut dapat membangkitkan energi negatif, sehingga Anda harus menyembunyikan sisi-sisi mencolok dan pojokan dinding di balik dekorasi misalnya tanaman, alas duduk, lampu, vas, dan lain-lain.

Tanaman sebagai simbol sejati feng shui, menciptakan suasana tenang dan damai. Hindari tanaman berdaun lancip atau tajam (keluarga kaktus).

Disarankan untuk menggunakan tanaman rumput dengan daun bulat. Sebagai contoh, bambu adalah tanaman terbaik untuk menciptakan harmoni di rumah.

Atur kursi dan sofa di sekitar titik tengah seperti meja kecil.  Hindari duduk membelakangi pintu, untuk memancing pembicaraan.

Jika Anda memiliki ruang duduk yang besar, pertimbangkan untuk membaginya menjadi beberapa bagian agar mempermudah mengalirnya pembicaraan dan percakapan. 

Apabila terlalu terbuka akan membuat ruangan nampak dingin. Tirai sangat tepat sebagai pembatas antara area santai atau bekerja dengan area makan.

Hindari penggunaan terlalu banyak barang seperti ornamen dan lukisan. Sebaliknya, gunakan dekorasi sederhana untuk menambah kenyamanan. Dalam hal ini ruangan harus bisa bernapas.

Feng shui dan segala hal yang tidak rapi, tak bisa berjalan beriringan. Jadi pastikan ruangan Anda bersih dan rapi.

3. Temukan keseimbangan yang tepat
Ruangan dengan feng shui juga merupakan tempat yang cerah dan penuh warna. Beberapa bantal, selimut, lilin, vas, tirai atau lukisan bisa memberikan sentuhan cemerlang dan penuh semangat pada ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa menempelkan stiker warna-warni pada dinding atau lemari. Pilihlah warna sesuai dengan suasana hati atau kepribadian Anda.

Merah melambangkan energi, semangat dan kekuatan. Biru membangkitkan ketenangan dan kesegaran. Sedangkan hijau menandakan harmoni dan keseimbangan.

Setelah warna, Anda bisa mulai bermain dengan material. Misalnya, asbak kaca di meja kecil kayu, bantal bersarung beludru di sofa kulit, dan tempat lilin perak di meja pualam. Artinya, kombinasi yang bisa Anda eksplorasi sangat tidak terbatas. ** Baca juga: Rumah Tenang Ala Feng Shui

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru