oleh

Atasi Stres dengan Olahraga

Kabar6-Tiap orang memiliki faktor pemicu timbulnya stres, yang apabila dikelola dengan baik, tidak mengganggu kualitas hidup mereka. Ada banyak cara mengelola stres, salah satunya adalah dengan rutin berolahraga.

Dokter keluarga di University of Saskatchewan, Kanada, bernama dr. Patrick Ling mengatakan bahwa olahraga dapat melatih otak, tubuh lebih berenergi, meningkatkan suasana hati, dan menjaga konsentrasi seseorang dengan lebih baik. Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit per hari. Hal ini akhirnya yang menjauhkan tubuh dari stres berlebihan dan mencegah gangguan kecemasan.

Ketika olahraga, tubuh menghasilkan endorfin yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami. Melakukan olahraga untuk mengatasi stres, serta meningkatkan kualitas tidur. Melansir beberapa sumber, berikut sejumlah olahraga yang bantu Anda atasi stres:

1. Yoga
Olahraga ini sudah populer untuk mengatasi stres dan membuat tubuh semakin rileks. Yoga terdiri dari gerakan-gerakan yang menguatkan tubuh, mengontrol pernapasan, dan menjaga agar Anda tetap fokus. Untuk pemula, coba lakukan yoga setidaknya 15 menit dalam sehari.

2. Pilates
Rutin melakukan pilates dapat memperkuat otot, meningkatkan postur dan fleksibilitas, serta meredakan gejala stres dan gangguan kecemasan. Pilates juga melepaskan ketegangan di otot sambil melatih pernapasan untuk memberikan lebih banyak oksigen ke otak.

3. Kickboxing
Kickboxing adalah perpaduan seni bela diri dan tinju. Olahraga satu ini akan membakar banyak kalori dan membantu mempertahankan metabolisme tubuh yang tinggi. Ternyata, kickboxing juga membantu mengurangi stres dan mengajarkan teknik pernapasan yang tepat, serta membangun tingkat kepercayaan diri.

4. Tarian
Menari adalah olahraga yang menyenangkan dan mampu menghilangkan stres. Selain itu juga membuat seseorang bisa mengekspresikan diri, membangun kepercayaan diri, dan melatih kreativitas.

Coba olahraga dengan tarian seperti zumba untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat tulang, menurunkan berat badan, dan dapat menurunkan tingkat stres.

5. Aktivitas fisik di luar ruangan
Aktivitas fisik yang dimaksud antara lain seperti bersepeda, berlari, berkebun, dan berjalan-jalan santai. Dengan melihat keadaan di sekitar, membantu meningkatkan suasana hati dan menjernihkan pikiran dan meredakan gejala stres.

Namun pastikan memilih tempat yang tepat. ** Baca juga: ‘Me Time’ Penting untuk Kesehatan Mental

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru