Atasi Claustrophobia dengan Cium Aroma Mentimun & Apel

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Claustrophobia adalah ketakutan tidak beralasan pada ruang tertutup atau ruang sempit. Sebuah penelitian mengungkapkan, ketakutan yang Anda alami ketika berada di ruang sempit tertutup bisa diredakan dengan mencium aroma mentimun dan apel.

Mengapa demikian? Dilansir hellosehat, sejak dahulu banyak orang telah menggunakan aroma tanaman, pohon, bumbu rempah, dan buah-buahan untuk mengatasi peradangan, depresi, dan sulit tidur. Hal itu karena bebauan bisa bertindak seperti obat di dalam otak Anda.

Bau-bauan tertentu merangsang saraf di hidung yang mengirim rangsangan ke otak. Rangsangan ini biasanya akan masuk ke sistem limbik otak yang mengontrol denyut jantung, tekanan darah, pernapasan, memori, tingkat stres, dan keseimbangan hormon.

Selain itu, beberapa efek aroma dari tanaman atau lainnya dapat bersifat psikologis. Misalnya aroma tertentu bersifat terapi karena Anda menghubungannya dengan hal yang menyenangkan.

Aroma tertentu bahkan dapat membantu Anda untuk mengatasi claustrophobia. Dalam salah satu penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hirsch, tiga perempat sukarelawan claustrophobia merasa lebih baik ketika berada di lift setelah mencium mentimun.

Beberapa rumah sakit menerapkan minyak mentimun pada kapas persegi dan meletakkannya di bawah hidung pasien sementara mereka melakukan scan MRI. Dr Hirsch berspekulasi bahwa ada sesuatu dalam mentimun yang mengubah persepsi orang tentang ruangan.

Wangi menyegarkan dari pel hijau dapat membantu mengatasi kecemasan berlebihan. Dalam satu penelitian, aroma buah ini juga membantu mengurangi kecemasan akibat claustrophobia yang dirasakan oleh beberapa orang ketika terjebak di ruangan sempit. ** Baca juga: 4 Alat Masak Ini Ternyata Bisa Beracun

Selain itu, mencium aroma apel hijau dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah, nyeri akibat migrain, dan membantu menurunkan nafsu akan.(ilj/bbs)