Asupan Sehat Saat Kondisi Loyo Tiap Akhir Pekan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apa yang Anda lakukan saat ingin memperbaiki mood? Ternyata kita disarankan tidak sembarangan mengonsumsi makanan untuk mengatasi kelelahan atau mood buruk saat memulai kerja.

Ya, setiap usai berakhir pekan dan harus memulai aktivitas keesokan harinya, tidak sedikit orang yang merasa loyo atau kurang semangat.

Salah satu solusi agar mood bekerja kembali seperti semula adalah mengonsumsi makanan penambah semangat. Seperti dilansir Everydayhealth, berikut beberapa jenis makanan yang direkomendasikan oleh para ahli nutrisi:

1. Kacang almond
Jenis kacang ini mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti magnesium dan vitamin B. keduanya mampu mengubah makanan menjadi energi.

Dikatakan Rachel Berman, penulis buku Boosting Your Metabolism for Dummies, para peneliti mengungkap jika orang akan mudah lelah apabila kekurangan magnesium.

Kekurangan vitamin B juga bisa sebabkan kelelahan hingga merusak konsentrasi. Konsumsi sebanyak 23 biji kacang almond saat kelelahan bisa mengontrol kalori dalam tubuh.

2. Popcorn                                                                                                        Salah satu gandum utuh yang rendah kalori adalah popcorn. “Mengandung serat, biji-bijian yang bisa mencegah naiknya gula darah setelah mengonsumsi karbohidrat,” kata Bermans, ahli gizi asal Amerika Serikat.

Tapi ingat, jangan masak popcorn dengan mentega, garam, dan minyak. Tambahkan rempah ke dalam popcorn agar tidak terlalu hambar. Selain itu, makan popcorn juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Pisang
Pisang kaya akan serat, vitamin B6, dan kalium. Semua nutrisi tersebut punya peran penting bagi otot tubuh. Pisang cocok dijadikan camilan sebelum maupun setelah jam kerja.

4. Oatmeal
Gandum memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tepat dijadikan sarapan. Serat tidak mudah dicerna tubuh, yang membuat Anda punya banyak energi sebelum jam makan siang datang. Kadar gula yang stabil setelah melahap oatmeal juga meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

5. Yoghurt
Asam yoghurt punya segudang manfaat antara lain kaya protein, yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama.

Yoghurt bisa dikonsumsi untuk sarapan, makan siang atau bahkan menjadi camilan. Hanya saja pastikan untuk mengonsumsi yoghurt yang rendah gula atau tanpa gula tambahan. Biasanya satu cup yogurt rendah gula mengandung 100 kalori. ** Baca juga: Ahli Nutrisi: Manusia Zaman Sekarang Mulai Kekurangan Asupan 7 Nutrisi Penting

Selamat mencoba.(ilj/bbs)