oleh

Astronaut SpaceX Terpaksa Gunakan Pampers Gara-gara Toilet Rusak

Kabar6-Karena toilet pesawat luar angkasa rusak, para astronaut yang akan berangkat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station) ke Bumi terpaksa menggunakan pampers.

“Penerbangan luar angkasa penuh dengan banyak tantangan kecil,” kata Megan McArthur, astronaut NASA. “Ini hanya satu kendala lagi yang akan kita temui dalam misi kita. Jadi kami tidak terlalu mengkhawatirkannya.”

Manajer misi, melansir Huffpost, dapat memutuskan nanti apakah akan membawa McArthur dan tiga awak lainnya kembali ke kapsul SpaceX yang toiletnya rusak. Peluncuran itu telah tertunda lebih dari seminggu karena cuaca buruk dan masalah medis yang tidak diungkapkan yang melibatkan salah satu kru.

Astronaut Prancis, Thomas Pesquet, mengatakan bahwa enam bulan terakhir mereka cukup sibuk di luar angkasa. Para astronaut melakukan serangkaian perjalanan ruang angkasa untuk meningkatkan jaringan listrik stasiun luar angkasa. ** Baca juga: Ini Negara yang Disebut Paling Banyak Lakukan Prosedur Operasi Plastik

Mereka juga harus berurusan dengan kebocoran toilet di kapsul SpaceX dan menemukan genangan air seni. Masalahnya pertama kali dicatat selama penerbangan SpaceX pada September, ketika sebuah tabung terlepas dan menumpahkan urine di lantai.

SpaceX telah memperbaiki toilet di kapsul saat menunggu lepas landas, tetapi menganggap toilet itu tidak dapat digunakan. Para insinyur menyatakan, kapsul tidak terganggu secara struktural oleh urine dan aman untuk perjalanan pulang kembali ke Bumi.

Astronaut yang akan kembali ke Bumi selain McArthur dan Pesquet, adalah astronaut NASA Shane Kimbrough dan astronaut Jepang Akihiko Hoshide. SpaceX diketahui meluncurkan mereka ke stasiun luar angkasa pada 28 April lalu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru