oleh

Astronaut Koch Cetak Sejarah Baru Lakukan Penerbangan Ruang Angkasa Terlama

Kabar6-Astronaut AS bernama Christina Koch (40) telah memecahkan rekor terlama melakukan penerbangan di ruang angkasa, yaitu selama 288 hari. Koch tiba di stasiun luar angkasa internasional pada 14 Maret.

Wanita tersebut, melansir Dailymail, telah memecahkan rekor yang telah ditetapkan oleh mantan komandan stasiun ruang angkasa, Peggy Whitson, pada 2016-2017. Koch diperkirakan menghabiskan 328 hari atau hampir 11 bulan di ruang angkasa, sebelum kemudian mendarat di Bumi.

Diketahui, misi di luar angkasa biasanya hanya enam bulan, tetapi NASA mengumumkan pada April lalu, bahwa perpanjangan misi dilakukan hingga Februari.

Rekor AS untuk penerbangan luar angkasa terpanjang adalah 2015-2016. Sedangkan rekor dunia adalah 15 bulan yang ditetapkan 1990 oleh kosmonot Rusia di atas bekas stasiun ruang angkasa Mir.

Koch sebelumnya juga menetapkan tonggak sejarah lain sebagai bagian dari tim pertama yang semuanya wanita di ruang angkasa pada Oktober lalu. Itu merupakan spacewalk keempat Koch. ** Baca juga: Pemerintah Sri Lanka Instruksikan Pengelola Bus untuk Kecilkan Volume Musik

Diakui Koch, ia mengambil banyak sekali pelajaran dari autobiografi Kelly’s Endurance 2017.(ilj/bbs)

Berita Terbaru