oleh

Arus Balik Lebaran, Airin: Jangan Bebani Kami

Kabar6-Volume arus mudik warga urban menuju kampung halaman masing-masing terus meningkat di berbagai daerah, termasuk di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Eksodus besar-besaran ini telah menjadi budaya di kalangan masyarakat, begitu pun selalu terjadi saat arus balik lebaran.

 

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, telah mewanti-wanti kepada masyarakat urban di wilayahnya. Ia berharap pada saat arus balik lebaran nanti, pemudik tidak berbondong-bondong membawa kerabatnya untuk mengadu nasib di Kota Tangsel.

 

“Kalau pun mau membawa yang punya skill (keahlian). Jangan malah membebani kami bawa saudara yang tidak punya pekerjaan tetap dan punya keahlian khusus,” terangnya kepada wartawan, saat menghadiri acara buka puasa bersama di Serpong, Sabtu (11/7/2015) kemarin.

 

Imbaun itu, terang Airin, perlu disampaikan agar warga urban yang hijrah ke Kota Tangsel tidak menambah masalah sosial bagi pemerintah daerah. Berbeda kondisinya jika kaum urban yang datang punya keahlian.

 

Airin bilang, warga tersebut bisa membantu Pemerintah Kota Tangsel dalam menggulirkan roda pembangunan yang terus menggeliat. Bukannya menambah persoalan. ** Baca juga: Truk Barang di Merak Mulai Sepi

 

“Tidak mungkin kita bisa melarang,” terangnya. Airin jelaskan, pascalebaran pastinya akan ada Operasi Yustisi Kependudukan. Program yang melibatkan aparatur gabungan ini akan menyisir ke setiap pemukiman penduduk.

 

“Warga yang enggak punya kartu identitas dan jelas kepentingan menetap di Tangsel akan kita rekomendasikan kembali ke tempat asalnya,” jelasnya.(yud/cep/ard)

Berita Terbaru