Arus Balik, Hujan Deras Disertai Angin Kencang Terjang Pelabuhan Merak

Arus Balik di Pelabuhan Merak.(dhi)

Kabar6-Hujan deras disertai angin kencang menerjang Pelabuhan Merak. Sedangkan pemudik terus memadati Pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu.

“Kami pastikan per malam ini, semuanya penumpang dan roda dua, sudah di atas 50 persen dan besok hari, di hari akhir rekapitalisasi, bisa mencapai 70 persen,” kata Fahmi Alweni, General Manager (GM) PT ASDP Ferry Indoensia Cabang Merak, Rabu (20/06/2018).

Fahmi memprediksi, malam ini menjadi puncak arus balik gelombang pertama, dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.
Sedangkan gelombang kedua diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini, 23-24 Juni 2018.

“Tadi pagi, kami (Pelabuhan Merak) sudah berangkat kan kapal angker yang besar, untuk berangkat ke (Pelabuhan) Bakauheni,” terangnya.

Sebanyak 36 kapal Roll On-Roll Off (RoRo), disiapkan untuk mengangkut penumpang dari tujuh dermaga di Pelabuhan Bakauheni, yang akan bersandar di enam dermaga Pelabuhan Merak.

“Dermaga tujuh (Pelabuhan Bakauheni) khusus roda dua, bongkarannya di dermaga enam (Pelabuhan Merak),” jelasnya.**Baca Juga: Kawal TPS, Golkar Kabupaten Tangerang Siapkan Ribuan Saksi.

Berdasarkan catatan dari PT ASDP Ferry Indoensia Cabang Merak, Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera menuju Jawa, mencapai 46 persen untuk pejalan kaki. Sedangkan roda dua sudah 51 persen dan roda empat sudah mencapai 49 persen.(dhi)