oleh

Arkeolog Turki Temukan Medali Perunggu Bergambar Kepala Medusa Berusia 1.800 Tahun

Kabar6-Tim arkeolog Turki yang sedang melakukan penggalian di kota kuno Perre, Provinsi Adiyaman, Turki, menemukan sebuah medali militer berbentuk dewi Medusa yang diyakini berusia 1.800 tahun.

Medali militer itu berbahan perunggu dengan ukiran Medusa yang menonjol. Melansir Arkeonews, direktur Museum Adiyaman Turki bernama Mehmet Alkan, mengungkapkan bahwa medali Medusa itu adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada seorang prajurit Romawi.

“Medali berkepala Medusa itu muncul sebagai penghargaan yang diberikan kepada seorang prajurit atas keberhasilannya. Ini adalah medali yang dikenakan seorang prajurit pada atau di perisainya selama upacara militer. Kami menemukan diploma militer perunggu berusia 1.800 tahun di sini selama penggalian tahun lalu, dan kami juga mengaitkan medali itu dengan dinas militer,” terang Alkan.

Medusa dalam mitologi Yunani juga dikenal sebagai Gorgon, salah satu dewi yang digambarkan sebagai wanita bersayap dan helaian rambutnya adalah ular berbisa. Mitologi Yunani menjelaskan, mereka yang memandang mata Medusa akan berubah menjadi batu.

Namun dalam bahasa Yunani, Medusa diartikan sebagai pelindung, jadi dalam dunia seni Yunani kuno, Medusa adalah simbol perlindungan yang dapat menghindarkan seseorang dari ancaman.

Medali-medali dibentuk menyerupai Medusa, karena kala itu pemilik medali percaya jika Medusa dapat menjadi jimat perlindungan yang dirancang untuk mengusir kekuatan jahat. ** Baca juga: Pria Inggris Kendarai Tank untuk Pesan 12 Ayam Goreng Lewat Drive-Thru

Dengan ditemukannya medali Medusa, penggalian masih tetap dilanjutkan di wilayah kota kuno itu.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email