oleh

Arkeolog Temukan Kereta Kuda yang Terkubur 2.000 Tahun di Pompeii

Kabar6-Tim arkeolog menemukan kereta perunggu dan timah hampir utuh, dengan sisa-sisa kayu dan jejak tali. Merupakan kereta seremonial roda empat yang cukup besar, ditemukan pada sebuah vila dekat Pompeii, kota kuno di Italia selatan.

“Ini adalah penemuan yang luar biasa untuk kemajuan pengetahuan kita tentang dunia kuno,” kata Massimo Osanna, Direktur Taman itu

Diungkapkan, “Di Pompeii, kendaraan yang digunakan untuk transportasi telah ditemukan di masa lalu, seperti milik House of Menander, atau dua kereta yang ditemukan di vila Arianna, tetapi tidak ada yang seperti kereta Civita Giuliana.”

Vila di utara Pompeii, Civita Giuliana, memiliki kandang tempat sisa-sisa tiga kuda ditemukan pada 2018, termasuk satu yang diikat. Kereta itu ditemukan di dalam teras dua tingkat yang mungkin menghadap ke halaman, tidak jauh dari istal.

Taman Arkeologi Pompeii, melansir Dailymail, menggambarkan hal tersebut sebagai temuan yang luar biasa dan menambahkan elemen tambahan pada sejarah rumah itu. Gerbong tadi dihiasi lembaran perunggu dan panel kayu berwarna merah dan hitam. Di bagian belakang, terdapat berbagai cerita yang terukir di atas perunggu dan medali timah.

Langit-langit vila adalah kayu ek Inggris, bahan yang sering digunakan di zaman Romawi, dan telah dilepas dengan hati-hati untuk memungkinkan penyelidikan lebih lanjut. ** Baca juga: Pada 2025 Mendatang Dibangun Hotel di Ruang Angkasa dengan Gravitasi Buatan

Arkeolog pertama kali menemukan bagian dari artefak yang muncul dari material vulkanik pada 7 Januari lalu. Beberapa minggu kemudian, seluruh kereta terungkap, secara ajaib masih utuh meskipun bagian ruangan yang menampungnya runtuh.

Taman Arkeologi Pompeii memindahkan artefak ke laboratoriumnya untuk menghilangkan material vulkanik yang tersisa. Pihak Taman Arkeologi Pompeii kemudian akan memulai proses restorasi dan rekonstruksi yang panjang.

Pihak Taman percaya, kereta tersebut memiliki fungsi seremonial, seperti mengiringi perayaan, parade, dan prosesi. Kereta jenis ini belum pernah ditemukan di Italia sebelumnya, malah menyerupai temuan dari Thrace, di utara Yunani.

“Pompei terus membuat kagum dengan semua penemuannya, dan akan terus melakukannya selama bertahun-tahun yang akan datang, dengan dua puluh hektare yang masih harus digali,” kata Dario Franceschini, Menteri Kebudayaan Italia, dalam video pers di Pompeii.

Diketahui, Kota kuno Pompeii adalah salah satu tempat wisata top Italia, dan situs Warisan Dunia UNESCO.(ilj/bbs)

Berita Terbaru