oleh

Arbez, Satu Hotel Dua Negara

Hotel Arbez Franco-Suisse.(bbs)
Hotel Arbez Franco-Suisse.(bbs)

Kabar6-Tiap hotel tentu saja memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Namun keunikan Hotel Arbez Franco-Suisse, atau biasa disebut Hotel Arbez memang tiada duanya.

Tidak terletak pada design bangunan atau interior dalam hotel, namun lebih karena letaknya. Ya, lantai satu hotel tersebut masuk wilayah Prancis, sementara lantai dua masuk wilayah Swiss.

Hotel bintang dua ini berada di kawasan La Cure, sekitar delapan kilometer arah utara Jenewa, demikian dilansir detikTravel dari situs resmi Hotel Arbez.

Hotel tua yang terbuat dari bahan kayu tersebut juga menjadi tempat menginap bagi para pemain ski.

Pada 1862, pemerintah Swiss dan Prancis sepakat untuk mengubah garis negara mereka. Di tengah proses perjanjian tersebut, seorang pengusaha yang cerdik, Monsieur Ponthus, langsung mendirikan bangunan di atas tanah yang akan dijadikan perbatasan.

Ponthus membagi bangunan menjadi dua, bar di bagian Prancis, dan sebuah toko di bagian Swiss. Kepemilikan gedung berganti pada 1921. Di tahun itu, Jules-Jean Arbeze membeli bangunan dan mengubahnya menjadi sebuah hotel yang berdiri hingga kini.

Interior dalam Hotel Arbez.(bbs)
Interior dalam Hotel Arbez.(bbs)

Hotel Arbez dipilih sebagai tempat penandatanganan Perjanjian Evian pada 1962, yang mengakhiri Perang Kemerdekaan Algeria secara simbolis.

Perbatasan negara memotong bangunan ini dari dapur hingga kamar hotel. Alhasil, lantai satu dan dua pun terbagi ke dalam dua negara.

Ada dua kamar di sana yang akan memberikan pengalaman tidur di dua negara sekaligus. Anda bisa menaruh kepala di Prancis dan merebahkan kaki di Swiss. Ada lagi ruangan kamar yang memiliki kamar mandi di wilayah negara lain.

Uniknya, Hotel Arbez memiliki sebuah kamar yang didedikasikan untuk pasangan yang tengah berbulan madu. Bukan ruangannya yang dibelah, melainkan letak ranjangnya yang berada tepat di garis perbatasan. Dengan kata lain, pasangan akan tidur di dua negara berbeda. ** Baca juga: Tinggalkan Selfie, Warga Korea Beralih ke Foto 3D

Wow…hotel yang sungguh menarik bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru