oleh

Apdesi Lebak Bawa Ribuan Massa ke Silatnas Bersama Jokowi, Berharap Pemerintah Revisi Perpres

Kabar6-Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) akan menggelar silaturahmi nasional (Silatnas) Desa, di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal turut menghadiri acara tersebut.

Sekretaris Apdesi Lebak Usep Pahlaludin mengatakan, ribuan orang dari unsur pemerintah desa akan dibawa untuk mengikuti Silatnas Desa 2022.

“Apdesi Lebak akan mengerahkan 2.000 lebih massa untuk hadir di Silatnas bersama Pak Presiden Jokowi,” kata Usep dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022).

Momen Silatnas bakal dimanfaatkan Apdesi untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada Jokowi. Salah satunya mengenai pengelolaan dana desa (DD).

“Kami minta pengelolaan seutuhnya diserahkan ke pemerintah desa untuk menggunakan anggaran itu sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak diplot begitu dari pusat,” terang kepala Desa Sangiang Jaya, Kecamatan Cimarga ini.

Apdesi juga bakal menyampaikan aspirasi yang sudah pernah disuarakan yakni mengenai Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022.

**Baca juga:OPD di Lebak Tak Punya Website Bakal Dilaporkan ke Ombudsman

“Khususnya yang mengatur tentang penggunaan dana desa (DD), di mana pemerintah desa harus mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT),” ujar dia.

Menurut Usep, alokasi 40 persen dari DD untuk BLT sangat memberatkan desa di tengah tuntutan membangun ketersediaan infrastruktur bagi masyarakat.

“Itu sangat memberatkan bagi desa, dan kami minta itu diubah supaya BLT DD dihilangkan,” katanya.(Nda)