oleh

Apakah Waktu Tidur Anda Sudah Mencukupi?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda, tergantung kebiasaan dan juga aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan National Center on Sleep Disorder di Amerika, membuktikan bahwa masyarakat masa kini tidur lebih sedikit dibandingkan satu abad yang lalu.

Ada beberapa efek yang kurang baik bagi kesehatan, ketika Anda mengalami kurang tidur, antara lain sistem kekebalan tubuh jadi lemah serta kemampuan berkonsentrasi menurun.

Itulah sebabnya, dikutip dari Pesona, tidur sebaiknya dijadikan prioritas dan bukan sekadar kebutuhan yang bisa ‘ditawar’. Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda telah memiliki waktu tidur yang cukup?

Selama enam hari cobalah tidur pada jam yang sama setiap malam, misalnya pukul 22.00, dan pasang alarm agar Anda bangun pada jam yang sama, misalnya pukul 5.00. Kemudian pada hari ketujuh, tidurlah pada jam yang sama tanpa memasang alarm.

Jika keesokan harinya Anda terbangun pada jam yang sama tanpa bantuan alarm, itu artinya kebutuhan tidur Anda telah terpenuhi. Namun bila Anda molor jauh dari waktu biasanya, berarti Anda perlu tidur lebih dari tujuh jam sehari. ** Baca juga: Sesekali Boleh Melanggar Diet, dengan Trik Cerdas

Yuk dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru