oleh

Apakah Diperbolehkan Minum dari Gelas yang Sama?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap hari tubuh Anda memerlukan cairan, yang dipenuhi dengan minum air putih secukupnya. Nah, pernahkan terlintas dalam pikiran Anda, apakah minum dari satu gelas yang sama sepanjang hari itu termasuk sehat?

Sebagian orang merasa tidak masalah minum pada gelas yang sama, karena air putih tidak berbekas dan bersih. Namun seperti diketahui, mikroorganisme membutuhkan lingkungan yang lembab untuk bisa hidup.

Jadi, kemungkinan gelas-gelas tersebut merupakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri, mikroba, parasit. Dan siapa tahu Anda sudah menelan mereka bersama dengan air minum.

Diakui, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya, dikutip dari meetdoctor, tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab. Itu berarti, gelas yang tidak dicuci membawa risiko tumbuhnya mikroorganisme yang merugikan. Setiap kali meneguk air, Anda mentransfer mikroba ke dalam mulut Anda dari gelas.

“Jika Anda tidak mengeringkan gelas dengan sempurna sebelumĀ  menggunakannya lagi maka mungkin akan ada cukup waktu untuk mikroorganisme itu bereplika dan menyebabkan penyakit lagi,” kata Aaron Margolin, PhD , seorang profesor mikrobiologi di University of New Hampshire.

Sumber air yang Anda gunakan untuk minum juga berpengaruh. Tidak seperti air PAM, air sumur tidak mengandung klorin untuk membantu mencegah tumbuhnya bakteri. Paparan bakteri, virus dan parasit dapat memicu muntah dan diare.

“Semakin banyak orang yang menggunakan gelas yang sama, semakin besar kemungkinan adanya bakteri yang bisa membuat Anda sakit,” kata Margolin. Organisme yang membuat Anda sakit tidak muncul begitu saja. Mereka datang dan berasal dari sesuatu atau seseorang. ** Baca juga: Yuk, Cuci Apel Sebelum Dikonsumsi

Karena itu, ada baiknya sebelum minum, Anda membatasi penggunaan cangkir hanya untuk satu individu, pastikan bahwa air benar-benar bersih, dan cucilah gelas lalu keringkan benar-benar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru