oleh

Apakah Diet Detoks Memang Efektif?

Kabar6-Sudah banyak diketahui, diet detoks dipercaya bermanfaat untuk membuang racun dari tubuh. Namun apakah diet detoks benar-benar bermanfaat membuang racun memang belum terbukti.

Saat menjalani diet detoks, mungkin Anda akan mengalami penurunan berat badan karena diet ini biasanya memiliki kalori yang sangat rendah. Tetapi, melansir WebMd, seorang ahli di Amerika mengatakan bahwa fungsi diet detoks untuk membuang racun dari dalam tubuh sama sekali tidak berdasar. Di dalam tubuh, telah terdapat organ tertentu dan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk membuang racun, apa pun makanan yang Anda makan.

Selain itu, meski saat menjalani diet detoks Anda mengalami penurunan berat badan, biasanya akan kembali naik setelah tidak lagi melakukan diet detoks. Hal ini disebabkan karena diet yang terlalu berlebihan.

Makanan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan tergantung pada jenis diet detoks yang Anda jalankan. Terdapat banyak jenis diet detoks. Beberapa jenis diet detoks menyarankan agar Anda berpuasa atau hanya boleh mengonsumsi air putih.

Jenis lainnya memperbolehkan Anda untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti buah dan sayuran. Diet ini merupakan jenis diet singkat yang hanya dapat dijalankan dalam waktu tertentu, dan bukan dalam jangka panjang.

Saat melakukan diet ini, Anda akan merasa lapar dan lemas. Namun apakah diet detoks aman atau tidak, tergantung pada jenis diet dan berapa lama Anda menjalankannya. Sebagian besar orang merasa tidak enak badan saat melakukan diet rendah kalori dan rendah nutrisi.

Efek samping yang mungkin terjadi saat menjalankan diet detoks adalah badan terasa lemah dan lemas, kadar gula darah rendah, nyeri otot, rasa lelah, pusing atau rasa melayang, dan mual. ** Baca juga: Sering Diabaikan, Kasur Bisa Jadi ‘Rumah’ Bagi Kuman dan Debu

Lebih disarankan bila Anda mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, gandum, dan daging tanpa lemak. Hal ini akan lebih bertahan lama, dan penurunan berat badan pun dapat bertahan lebih lama, terutama bila dilakukan bersamaan dengan olahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru