oleh

Apakah Cara Berjalan Anda Sudah Tepat?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jalan merupakan hal yang pasti dilakukan semua makhluk hidup dengan menggunakan kakinya, saat sedang melakukan berbagai aktivitas. Namun berjalan tidak semata masalah mengayunkan kaki. Bila dilakukan dengan posisi yang benar, berjalan memiliki berbagai manfaat, salah satunya melangsingkan tubuh.

Cobalah perhatikan telapak kaki Anda ketika baru mendarat di lantai, bagian mana yang pertama Anda tapakkan, dan bagian mana yang Anda tapakkan setelahnya?

Lalu perhatikan arah jalan telapak kaki Anda, apakah lurus atau telapak kaki miring ke kiri atau kanan. Sebenarnya, bagaimana sih cara berjalan yang benar dan alami? Berikut uraiannya, dikutip dari womenshealth.co.id

1. Kedua kaki terbuka selebar bahu. Telapak kaki lurus ke depan. Kalau telapak kaki Anda cenderung mengarah ke samping, kemiringannya maksimal selebar ibu jari.

2. Jarak antara kaki depan dengan belakang adalah setengah panjang telapak kaki (dihitung dari tumit kaki depan hingga ujung jari kaki belakang).

3. Lutut tidak terkunci (sedikit tertekuk), tumitlah yang pertama kali menapak ke lantai. Kemudian baru bantalan telapak kaki (bagian empuk sebelum jari-jari kaki). Saat inilah, berat tubuh Anda mulai pindah ke tengah, yaitu antara kaki belakang dan depan.

4. Lalu luncurkan tubuh ke depan, sambil angkat tumit kaki belakang sehingga berat bertumpu pada bantalan kaki belakang (lutut tidak terkunci). Tubuh tak boleh terlalu condong ke depan, melainkan segaris dengan kaki depan. Lakukan hal yang sama ketika berjalan kembali. ** Baca juga: Hilangkan Kebiasaan yang Bikin Payudara Kendur

Sudah tepatkah cara berjalan Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru