oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika AC dalam Ruangan Terlalu Dingin?

Kabar6-Bekerja atau tidur dalam ruangan ber-AC memang akan membuat Anda nyaman, tanpa takut kepanasan hingga berkeringat. Meskipun demikian, jika suhu ruangan, terutama kantor, terlalu dingin akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan juga.

Apa saja risiko yang ditimbulkan? Melansir Womantalk, ketika suhu ruang kantor terlalu dingin dan AC tidak dibersihkan secara menyeluruh, mereka yang menghirup udara ruang tersebut berisiko terserang masalah pernapasan. Terlebih jika penggantian filter AC tidak dilakukan secara berkala.

Masalah pernapasan ini antara lain infeksi pneumonia dan penyakit Legionnaire, yang disebabkan olen bakteri Legionella pneumophila, berkembang biak pada kondisi sistem AC yang kotor dan tidak terawat.

Risiko lain adalah sick building syndrome. Disebut demikian karena yang hal ini biasanya terjadi pada pekerja kantoran yang AC ruangannya terlalu dingin. Gejala yang dialami antara lain kelelahan, sakit kepala, dan merasa sakit atau tidak enak badan.

Namun berbagai hal itu segera hilang begitu seseorang yang mengalaminya itu keluar dari ruangan kantor ber-AC. Cara mengatasinya, naikkan suhu AC ruangan atau sempatkan berjalan-jalan ke luar ruangan agar tubuh tidak menggigil.

Pendingin ruangan mengakibatkan kulit kering karena suhunya yang rendah mengikis kelembapan alami kulit. Semakin dingin suhu udara di suatu ruangan, maka akan menyebabkan kulit semakin kering pula.

Untuk mengatasi kulit kering karena AC ini, selalu siapkan moisturizer di meja kerja Anda dan luangkan waktu ke luar ruangan. ** Baca juga: Untuk Hubungan Serius, Wanita Tidak Suka Pria yang Boros

Jadi, atur suhu AC agar tidak terlalu dingin.(ilj/bbs)

Berita Terbaru