oleh

Apa yang Terjadi Jika Anda Menahan BAB Terlalu Lama?

Kabar6-Terkadang karena suatu hal, atau mungkin malas beranjak ke toilet, Anda lebih memilih menahan buang air besar (BAB). Padahal kebiasaan menahan BAB terlalu lama dapat membahayakan kesehatan, lho.

Ketika menahan BAB, melansir nova.id, dalam beberapa jam pertama perut akan terasa seperti tertekan. Rasanya mirip seperti saat mengalami perut kembung atau kram perut. Gejala ini terjadi setelah dua jam menahan BAB. Semakin lama, perut justru terasa kosong dan tidak lagi muncul hasrat ingin BAB. Kita mungkin sudah tidak lagi merasakan sakit perut, namun hal ini malah memicu sembelit.

Mengapa demikian? Semakin lama kita menahan BAB, akan terjadi penumpukan feses (kotoran) dalam usus besar. Timbunan feses ini akan menekan saluran pencernaan dan membuat perut tampak lebih buncit. ** Baca juga: Ternyata Ada Makanan Sehat yang Bisa Rusak Diet, Lho

Akibatnya, kita dipaksa harus mengejan lebih keras untuk mendorong feses keluar. Hal tersebut bisa membuat robekan kecil pada anus. Karena itulah sebisa mungkin hindarilah menahan BAB terlalu lama, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru