oleh

Apa yang Sebaiknya Dilakukan dan Dihindari Saat Minum Air Putih

Kabar6- Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Peranannya sangat krusial untuk memastikan organ-organ tubuh bekerja dengan maksimal. Manfaat minum air putih antara lain untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh.

Meskipun sangat penting bagi tubuh, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang minum air putih yang benar. Lalu, melansir Beautynesia, kondisi seperti apa yang diperbolehkan atau dilarang saat minum air putih?

1. Usahakan minum sebelum tidur
Ketika kita tidur, tubuh akan mengalami dehidrasi dan memicu penyakit kardiovaskular. Nah, agar terhindar dari penyakit yang membahayakan ini, Anda sangat dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Air putih inilah yang akan membantu menjaga hidrasi tubuh Anda selama terlelap.

2. Minum air setelah bangun tidur
Saat bangun tidur, pastikan minum air putih dengan takaran dua gelas yang berfungsi untuk menyingkirkan racun dan radikal bebas di dalam tubuh.

Setelah minum dua gelas ini, pastikan Anda jangan mengonsumsi makanan apa pun selama 30-40 menit, karena tubuh perlu mendapatkan oksigen secara penuh di pagi hari.

3. Minum sebelum mandi
Sebelum mandi ada baiknya minum satu gelas air putih dalam kondisi hangat, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Setelah minum satu gelas air hangat, tekanan darah akan turun selama mandi.

4. Minum sebelum makan
30 menit sebelum makan dianjurkan untuk minum satu gelas air putih, yang dapat membantu membersihkan saluran pencernaan agar lebih siap untuk menerima asupan makanan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan juga dapat mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Secara tidak langsung, minum air putih sebelum makan akan membantu menjaga berat badan Anda.

5. Jangan terlalu sering minum saat makan
Minum air putih terlalu sering saat Anda makan mengakibatkan nutrisi tidak terserap dengan sempurna, sehingga mengganggu proses pencernaan. Selesai makan, pastikan memberi jeda kurang lebih 30 menit untuk minum air putih.

6. Jangan terlalu banyak minum saat workout
Ketika berolahraga, tubuh pasti akan kekurangan cairan sehingga menimbulkan dehidrasi. Untuk menambah cairan di dalam tubuh dan menghilangkan dehidrasi, Anda memang diperbolehkan untuk minum. Namun pastikan jangan minum terlalu banyak.

Alasannya, minum terlalu banyak saat berolahraga dapat mengurangi konsentrasi sodium di dalam tubuh, hal ini bisa mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan membuat tubuh semakin lelah. ** Baca juga: Sarapan Bantu Anda Tidak Kalap Makan Hidangan Lebaran

Minum di saat yang tepat membuat tubuh senantiasa sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru