oleh

Apa yang Akan Terjadi Jika Makan Terlalu Kenyang?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkan Anda makan dalam kondisi kelaparan hingga akhirnya kekenyangan? Selain perut terasa tidak nyaman, aktivitas pun akan terganggu karena salah satunya Anda merasa mengantuk akibat kekenyangan.

Padahal diketahui, kekenyangan tidak baik bagi kesehatan, Apa yang akan terjadi ketika perut Anda sangat kenyang? Dikutip dari Pesona, berikut uraiannya:

1. Menimbulkan gangguan pencernaan karena lambung harus bekerja lebih keras. Idealnya, isi lambung terbagi tiga yaitu sepertiga makanan, sepertiga air, dan sepertiga lagi udara.

Nah, jika makanan dalam lambung terlalu penuh, enzim tidak dapat mencerna makanan secara sempurna. Alhasil perut akan menjadi kembung, sehingga menyebabkan muntah, diare, bahkan mengalami gangguan wasir.

2. Kadar gula darah akan melonjak tinggi, sehingga tubuh memproduksi hormon insulin besar-besaran untuk menurunkan kadar gula darah. Kondisi ini sangat rawan memancing timbulnya diabetes.

3. Kelebihan asupan nutrisi akan disimpan oleh tubuh menjadi cadangan lemak dan berisiko tinggi menimbulkan kegemukan. Diketahui, kegemukan menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4. Menyebabkan sesak napas, terutama bila Anda banyak mengonsumsi karbohidrat. Akibatnya, terjadi kelebihan karbondioksida dan kekurangan oksigen untuk bernapas. ** Baca juga: Kok Bisa Sih Wanita Terlihat Lebih Tua dari Pria Pada Usia yang Sama?

Jadi, berhentilah makan sebelum kenyang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru