oleh

Apa Sih Perbedaan Antara Mimpi Buruk Pria & Wanita?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian besar orang tentu pernah bermimpi buruk saat tidur. Jika arti mimpi buruk itu bisa ditafsirkan bermacam-macam, apakah ada perbedaan antara mimpi buruk pria dan wanita?

Menurut studi terbaru dari University of Montreal, dikutip dari Tabloid Nova, pria dewasa cenderung bermimpi mengenai “film action”, sedangkan wanita lebih sering bermimpi mengenai konflik dalam “komedi romantis”.

Hal ini digambarkan sebagai, wanita cenderung mengalami mimpi buruk mengenai konflik antarpribadi, sementara pria tersiksa akibat berbagai musibah dalam hidupnya.

Fakta yang diterbitkan di jurnal Sleep ini merupakan hasil analisa mimpi buruk dan mimpi tak menyenangkan dari 331 orang dewasa. Ternyata, mimpi buruk pria dan wanita cenderung berbeda.

Kedua jenis mimpi tersebut sama-sama mengganggu. Tetapi biasanya mimpi buruk tidak sampai membangunkan Anda, sementara mimpi tak menyenangkan biasanya masih Anda ingat ketika bangun.

Kebohongan, ketidaksetiaan, perselingkuhan, perdebatan, pengkhianatan, adalah hal-hal yang menjadi mimpi buruk wanita, termasuk hal-hal yang menakutkan seperti penculikan, pembunuhan, penyakit, dan kematian. Sementara pria bermimpi mengenai perang, kebakaran, banjir, atau serbuan serangga.

Studi juga mengungkapkan bahwa wanita lebih cenderung mengalami mimpi buruk mengenai kegalauan antarpribadi karena mereka lebih mengalami kekecewaan emosional akibat konflik-konflik semacam itu ketimbang pria. Sedangkan pria lebih mengkhawatirkan bagaimana menjaga dunia tetap aman dari serangan mahluk “menyeramkan” seperti serangga.

Menurut para peneliti, mimpi buruk bisa menimbulkan efek serius pada kesehatan Anda, karena mimpi tersebut memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda. Bahkan, orang yang sering mimpi buruk bisa merasa enggan tidur. ** Baca juga: Efektifkan Lima Cara Atasi Insomnia Berikut?

Semoga Anda termasuk orang yang jarang bermimpi buruk ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru