oleh

Apa Sih Penyebab Uban di Usia Muda?

Kabar6-Rambut beruban biasanya identik dengan orang yang sudah tua. Namun kini banyak anak muda, bahkan usia belia yang sudan beruban alias memiliki rambut putih di kepala mereka. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Rambut putih adalah dampak dari rambut yang kehilangan zat pigmen sehingga mengakibatkan warna hitam pada rambut jadi pudar atau bahkan menghilang. Dan ternyata penyebabnya ternyata tidak hanya satu. Dikutip dari beberapa sumber, berikut penyebab uban di usia muda:

1. Faktor genetik
Apabila rambut Anda banyak yang beruban di usia sekira 20 hingga 30 tahun, Anda wajib curiga karena bisa saja orangtua atau anggota keluarga lain sebelum Anda juga memiliki riwayat beruban di usia muda.

2. Faktor stres
Marah adalah salah satu reaksi alami yang muncul saat Anda dilanda stres. Jika sesekali stres memang tidak masalah. Namun stres yang terlalu sering bisa mengakibatkan gangguan pada pembentukan sel batang rambut. Akibatnya, kesehatan rambut jadi terganggu dan rambut Anda jadi semakin banyak yang berubah warna jadi putih.

3. Penyakit autoimun
Penyakit autoimun adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel tubuh sehat, salah satunya bisa jadi sel-sel pada rambut Anda. Pengidap penyakit autoimun seperti alopecia dan vitiligo misalnya, bisa mengalami rambut beruban gara-gara sel kekebalan tubuh menyerang sel-sel rambut.

4. Merokok
Merokok bisa mengakibatkan rambut beruban, lho. Kandungan nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya dapat memperkecil pembuluh darah, sehingga mengakibatkan aliran darah ke folikel rambut terhambat.

Selain itu, nikotin juga merusak folikel dan pigmen rambut sehingga mengakibatkan rambut jadi beruban. Merokok bisa mengakibatkan dampak serius terhadap kesehatan, mulai dari penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker lidah dan tenggorokan. ** Baca juga: Ketahui Tanda Lupa yang Bukan Sekadar Lupa Biasa

Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai uban di usia muda? (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru