oleh

Apa Sih Penyebab Munculnya Bintik-bintik Hitam pada Bokong?

Kabar6-Meskipun tidak terlihat, sebagian orang merasa tidak percaya diri saat mendapati semacam jerawat yang ada di bokong.

Namun, seorang dokter kulit bersertifikat Board bernama Shereene Idriss, M.D. mengatakan bahwa Anda tidak perlu khawatir karena bintik-bintik pada bokong bukanlah jerawat.

Bintik-bintik tersebut, melansir tabloidbintang, disebabkan oleh peradangan folikel rambut (folliculitis) atau iritasi akibat bergesekan dengan pakaian yang ketat, atau bisa juga karena waxing. Untuk menghindari peradangan ini, segera lepaskan celana olahraga yang ketat setelah selesai berolahraga. Sedangkan untuk waxing sebisa mungkin dihindari karena akan merusak folikel rambut.

Umumnya, peradangan muncul dalam bentuk yang kecil dan gatal atau bahkan sakit, yang terkadang bisa membesar. Jika muncul benjolan tersebut, jangan sesekali melakukan scrubbing. ** Baca juga: Susu Hangat atau Susu Dingin yang Sebaiknya Dipilih Sebagai Minuman Sehat di Pagi Hari?

“Kebanyakan orang melakukan scrubbing karena mengira kulit akan menjadi lebih halus. Sebaliknya, peradangan akan semakin parah yang bisa memicu hiperpigmentasi dan meninggalkan bekas luka,” jelas Shereene.

Solusi lain adalah dengan membersihkan diri dengan benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri. “Jika Anda rentan mengalami iritasi, gunakan exfoliants seperti salicylic acid atau lactic acid yang menjaga permukaan kulit agar tetap halus,” katanya lagi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru