oleh

Apa Sih Penyebab Merasa Kesetrum Saat Menyentuh Benda atau Orang?

Kabar6-Anda tentu pernah tanpa sengaja merasa seperti kesetrum saat menyentuh seseorang, sebuah benda atau gagang pintu. Biasanya rasa kesetrum tadi membuat Anda seolah-olah dapat merasakan aliran listrik.

Apakah benar orang atau barang yang disentuh tersebut dialiri aliran listrik? Bagaimana hal ini bisa terjadi? Apa penyebabnya? Rasa kesetrum saat menyentuh orang lain atau sebuah benda, melansir indiatimes, merupakan fenomena terjadinya arus statis. Hal ini tidak terlepas dari semua hal di sekitar kita yang memiliki atom.

Atom sendiri merupakan partikel terkecil dari unsur kimia. Pada dasarnya, banyak hal di sekitar kita yang terbuat dari atom. Sayangnya, hal ini terlalu kecil untuk dapat terlihat dengan ‘mata telanjang’.

Bahkan menurut para ilmuwan, bagian terkecil dari atom juga ada yaitu seperti proton yang positif, elektron yang negatif, serta neutron yang cenderung netral. Umumnya, atom akan tetap menjadi netral karena jumlah proton bermuatan positif dan elektron yang negatif sama.

Namun, hal ini berubah saat jumlah ini tidak sama, alhasil akan banyak muatan negatif yang muncul. Ketidakseimbangan ini membuat atom dengan jumlah elektron dan proton yang tidak seimbang. Elektron yang negatif lalu tertarik pada proton positif. Tarik-tarikan yang berlawanan ini yang lalu membuat kejutan seperti kesetrum yang kita rasakan.

Meskipun sensasi yang dirasakan mirip kesetrum aliran listrik, Anda tidak perlu khawatir. Ilmuwan menyebutkan bahwa fenomena ini tidak berlangsung selamanya. Saat elektron bersentuhan dengan permukaan positif, elektron ini akan berubah. ** Baca juga: Belajar Bahasa Asing Bantu Lindungi Otak dari Penuaan

Fenomena ini dapat dicontohkan dengan menggosokkan balon ke rambut. Balon dengan muatan negatif akan menciptakan listrik statis yang membuat rambut menjadi berdiri. Menjawab pertanyaan mengenai rasa kesetrum yang muncul saat menyentuh orang lain atau benda.

Jadi jangan panik apabila Anda mengalami hal seperti ini, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru