oleh

Apa Sih Manfaat Kafein untuk Kesehatan?

Kabar6-Kafein dapat ditemukan pada kopi, teh, cola, guarana, mate, dan produk-produk lain. Kafein umumnya digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan mental, namun kafein memiliki banyak kegunaan lain. Nah, selain berfungsi membantu meningkatkan konsentrasi, melansir Vemine, ini dia manfaat lain kafein:

1. Cegah parkinson & alzheimer
Keduanya adalah penyakit yang menyerang kemampuan menyimpan memori dalam otak. Kafein dapat membantu mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan memori. Kandungan diuretik ringan dan rangsangan psikoaktif yang ada dalam kafein mempengaruhi saraf-saraf otak dan membantu untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

2. Bantu Bersihkan usus besar
Dalam beberapa periode, usus besar manusia akan dihinggapi oleh zat-zat yang apabila dibiarkan saja akan mengakibatkan penyakit seperti kanker usus. Karena itulah perlu melakukan pembersihan usus besar secara teratur.

Senyawa alkaloid xantina kristal yang terdapat dalam kafein akan membersihkan usus besar Anda dari zat-zat beracun. Namun Anda memerlukan kadar kafein yang cukup, alias tidak berlebihan.

3. Bantu cegah depresi
Senyawa zat alkaloid xantina yang ada dalam kafein merangsang keluarnya zat dopamine, merupakan neurotransmitter untuk membangkitkan pusat kesenangan di saraf otak. Dengan aktifnya dopamine, Anda akan merasa lebih rileks dan membangkitkan mood yang jatuh. ** Baca juga: Penggemar Selfie, Ini Lho Penyakit yang Bakal Mengintai Anda

Manfaat yang menyenangkan, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru